PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MELATIHKAN KECERDASAN MAJEMUK SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v9n1.p165-171Abstract
Penelitian bertujuan dalam memaparkan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif STAD, aktivitas siswa, dan kecerdasan interpersonal siswa pada materi larutan penyangga. Subyek penelitian ini adalah 38 siswa kelas XI MIPA 5 MAN Surabaya. Penelitian ini menerapkan One group pre-test post-test design. Hasil penelitian ini membuktikan: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif STAD memperoleh persentase 78,5%; 87,5%; 100%; 85,7%; 87,5%; 100; 83,3; dan 83,9%; 75%; 93,7%; 87,5%; 93,7%; 93,7%; 94,4% dengan kategori baik dan sangat baik. (2) Aktivitas siswa yang sesuai dengan pembelajaran didapatkan persentase sebesar 91,1% dan 93,5%. (3) Kecerdasan interpersonal tuntas dengan 100% dari 38 siswa mendapatkan skor ? 61 pada penilaian aspek kerjasama maupun aspek tanggungjawab mendapatkan kriteria baik dan sangat baik.
Kata kunci: STAD, Keterlaksanaan, Aktivitas, Kecerdasan interpersonal
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

