Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Number Head Together) untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi Siswa SMA Kelas XI pada Materi Pokok Asam Basa

  • DEWI WARDAH Universitas Negeri Surabaya
  • HARUN NASRUDIN Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu mengetahui keterlaksanaan dan keterampilan komunikasi siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT pada materi asam basa. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 1 MA Negeri 2 Gresik. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif dan rancangannya adalah One Group Pretest-Posttest design. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan, pengamatan aktivitas siswa, dan pengamatan keterampilan komunikasi. Hasil yang diperoleh antara lain: (1) Keterlaksanaan sintaks model pembelajaran kooperatif tipe NHT selama tiga kali pertemuan mencapai persentase rata-rata 75% pada pertemuan 1 dan 2 dengan kriteria baik, kemudian mengalami peningkatan pada pertemuan 3 yakni 91,1% dengan kriteria sangat baik. Data pendukung keterlaksanaan siswa yakni ativitas siswa dikatakan aktif selama proses pembelajaran dengan model kooperatif tipe Number Head Together mecapai rata-rata 94,13%. (2) Kuantitas komunikasi berupa keterampilan berpendapat siswa secara berturut-turut mengalami peningkatan pada pertemuan 1, 2, dan 3 dengan persentase sebesar 52%, 68% dengan kategori baik, dan 80% dengan kategori sangat baik. Sedangkan kuantitas komunikasi bertanya siswa mengalami penurunan pada pertemuan kedua. Persentase kuantitas bertanya berturut-turut selama tiga kali pertemuan adalah 40%, 32%, dan 60%. Kualitas komunikasi berpendapat siswa menunjukkan peningkatan setiap pertemuannya, sedangkan pada kualitas komunikasi bertanya siswa menunjukkan penurunan pada pertemuan dua dan meningkat pada pertemuan ketiga.

Kata Kunci : keterampilan komunikasi, kooperatif tipe NHT, Asam dan basa.

Published
2020-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 173
PDF Downloads: 200