Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Laju Reaksi Kimia Kelas XI SMA

  • IWAN TAOFEK Universitas Negeri Surabaya
  • RUDIANA AGUSTINI Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Keterampilan berpikir kritis siswa di sekolah masih tergolong rendah hal ini disebabkan oleh LKS yang belum menggabungkannya dengan model pembelajaran tertentu sehingga kesempatan siswa untuk mendapatkan ruang dalam berpikir tingkat tinggi menjadi berkurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKS berbasis Contextual Teaching and Learning pada materi laju reaksi sub bab faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi sehingga dapat memperoleh kelayakan LKS yang ditinjau dari segi validitas isi dan validitas konstruk, serta untuk mendapatkan hasil peningkatan keterampilan berpikir kritis setelah menggunakan LKS berbasis CTL, dan respon siswa terhadap LKS berbasis CTL. Metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan LKS berbasis Contextual Teaching and Learning adalah metode 4-D. Hasil penelitian terhadap LKS berbasis CTL mendapatkan skor validitas isi sebesar 82,64% dan validitas konstruk sebesar 86,76% yang menunjukkan bahwa LKS layak untuk digunakan. Keterampilan berpikir kritis pada saat menggunakan LKS berbasis Contextual Teaching and Learning mengalami peningkatan dengan skor N-gain pada siswa dengan kemampuan kognitif rendah, sedang, dan tinggi adalah sebesar 0,588, 0,384, dan 0,612. Hasil respon siswa terhadap LKS berbasis Contextual Teaching and Learning menujukkan respon positif yang dibuktikan dengan perolehan skor sebesar 87,11 pada rentang sangat praktis.

Published
2020-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 902
PDF Downloads: 1025