PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERORIENTASI INKUIRI CYCLE UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI SMA

  • ANGGORO BROTO SUSILO Universitas Negeri Surabaya
  • ISMONO ISMONO Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa dan untuk mengetahui kelayakan lembar kegiatan siswa berorirentasi inkuiri Cycle untuk melatihkan keterampilan berfikir kritis pada materi pokok asam basa. Instrumen pada penelitian adalah lembar telaah, lembar validasi, lembar respon siswa, dan lembar pretest dan posttest keterampilan berpikir kritis meliputi interpretasi, inferensi, analisis dan penjelasan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode telaah, metode validasi, metode angket, dan metode tes. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi menyatakan bahwa lembar kegiatan siswa yang dikembangkan dinyatakan layak dengan presentase kriteria isi sebesar 81,07% dan kriteria penyajian sebesar 81,1% dan dikategorikan sangat layak. Hasil respon siswa terhadap lembar kegiatan siswa yang dikembangkan mendapatkan respon sebesar 90,97% dan dikategorikan sangat layak. Keterampilan berpikir kritis interpretasi, inferensi, analisis dan penjelasan mengalami peningkatan yang signifikan dapat dilihat dari ketuntasan klasikal siswa saat pretest dan posttest didapatkan ketuntasan klasikal siswa berturut-turut meningkat dari 0% menjadi 86,67%.

Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa, Inkuiri Cycle, Keterampilan berpikir kritis interpretasi,inferensi, analisis dan penjelasan , Asam Basa, Kelayakan






Published
2020-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 74