PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BAGI SISWA KELAS XI MAN 2 GRESIK

  • RADEN THANIYATUL AHDA Universitas Negeri Surabaya
  • MUCHLIS MUCHLIS Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran problem solving, aktivitas siswa, kemampuan pemecahan masalah siswa dan hasil belajar siswa melalui penerapan model problem solving pada materi larutan penyangga. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest Postest Design pada kelas XI IPA 1 MAN 2 Gresik dengan jumlah siswa 25, penelitian ini dilakukan selama tiga kali pertemuan. Hasil penelitian dapat ditunjukkan sebagai berikut: (1) pengamatan keterlaksanaan pada tiga kali pertemuan memperoleh rata-rata sebesar 3,2; 3,7; dan 3,8 dengan kategori sangat baik. (2) pengamatan aktivitas siswa yang relevan pada tiga kali pertemuan memperoleh Persentase rata-rata sebesar 92,4%; 95,6%; dan 96,4% (3) Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai rata-rata pretest menyatakan masalah sebesar 56, menyatakan hipotesis sebesar 42,7, menata dan menunjukkan data sebesar 60, dan mengevaluasi hipotesis berdasrkan data sebesar 34,7. Pada saat postest menyatakan masalah sebesar 97,3, menyatakan hipotesis sebesar 93,3, menata dan menunjukkan data sebesar 83, dan mengevaluasi hipotesis berdasrkan data sebesar 84 (4) hasil belajar siswa secara klasikal mendapatkan Persentase sebesar 92%.

Kata kunci : model pembelajaran problem solving, kemampuan pemecahan masalah, larutan penyangga

Abstract

This study aims to describe the feasibility of problem solvinglearning models, student activities, students problem solvingabilities and student learning outcomes through the application of problem solvingmodels in buffer solution materials. The research design used was One Group Pretest Postest Design in class XI IPA 1 MAN 2 Gresik with the number of students 25, this study was conducted during three meetings. The results of the study can be shown as follows: (1) observations of implementation at three meetings obtained an average of 3.2; 3.7; and 3.8 with a very good category. (2) the saving of relevant student activities at three meetings obtained an average percentage of 92.4%; 95.6%; and 96.4% (3) problem solvingabilities of students with an average value a pretest stating a problem of 56, declaring a hypothesis of 42.7, arranging and showing data of 60, and evaluating the hypothesis based on data of 34.7. At the posttest states the problem is 97.3, states the hypothesis of 93.3, arranges and shows data of 83, and evaluates the hypothesis based on data of 84 (4) classical student learning outcomes get a percentage of 92%.

Keywords: problem solving learning model, problem solvingskills, buffer solution





Published
2020-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 118
PDF Downloads: 110