PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POGIL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS MATERI REAKSI REDOKS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 DRIYOREJO GRESIK

Main Article Content

LISA DWI PURNAMASARI
MUCHLIS MUCHLIS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran POGIL untuk meningkatkan kemampuan analisis materi reaksi redoks pada peserta didik kelas X SMAN 1 Driyorejo Gresik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest posttest design pada kelas X MIA 1 SMAN 1 Driyorejo Gresik dengan jumlah peserta didik 36, penelitian dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang dihunkan yaitu metode observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran POGIL pada materi reaksi redoks selama tiga kali pertemuan diperoleh rata-rata 3,59; 3,82; 3,89 secara berturut – turut dengan kategori sangat baik. (2) Kemampuan analisis peserta didik pada tiga kali pertemuan mengalami peningkatan secara umum pada pretest sebesar 47,02 dan posttest sebesar 78,25.


Kata kunci: (POGIL), Kemampuan analisis, Reaksi redoks.




Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>