PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS BERWAWASAN GREEN CHEMISTRY PADA MATERI ASAM BASA

  • Suci Lailatul Fitriya Universitas Negeri Surabaya
  • Mitarlis Mitarlis Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan LKPD yang dikembangkan untuk melatihkan
keterampilan proses sains berwawasan green chemistry pada materi asam basa. LKPD ini disusun
berdasarkan komponen keterampilan proses sains, yang dilatihkan yaitu mengamati, membuat hipotesis,
merencanaan penelitian, mengklasifikasi, menginterpretasi data dan menyusun kesimpulan. Prinsip green
chemistry pada penelitian ini dibatasi hanya 3 prinsip yaitu prinsip no.1 tentang mencegah/mengurangi
limbah, no.7 penggunaan bahan baku yang dapat diperbaharui dan no.12 mencegah/mengurangi
terjadinya kecelakaan kerja. Rancangan penelitian ini menggunakan model 4-D (define, design, develop
dan desseminate) namun, pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap develop dan dilakukan uji
terbatas terhadap 12 peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 14 Surabaya. Kelayakan LKPD yang
dibahas meliputi: 1) validitas yang ditinjau dari validitas isi dan validitas konstruk, 2) kepraktisan yang
ditinjau dari aktivitas peserta didik dan angket respon peserta didik, serta 3) keefektifan yang ditinjau dari
tes keterampilan proses sains (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan
LKPD ditinjau dari validitas isi dikatakan valid dengan persentase 80,36% dan validitas konstruk dalam
kategori sangat valid dengan persentase rata-rata keseluruhan 83,89%. Kepraktisan yang ditinjau dari
aktivitas peserta didik dan respon peserta didik memperoleh hasil yang sangat praktis dengan presentase
90,28% dan 95,49%. Keefektifan yang ditinjau dari hasil tes keterampilan proses sains mendapatkan ngain score berkisar antara 0,66-0,88 dengan kategori sedang-tinggi sehingga pengembangan LKPD
dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Keterampilan Proses Sains, dan Green Chemistry.

Abstract
The aims of this study is describe developed worksheet to practice science process skills oriented green
chemistry on acid base material. This worksheet was arranged based on the components of science
process skills, mainly; doing observation, making hypotheses, planning research, classifying data, and
making conclutions. The principles of green chemistry in this study were limited to 3 principles such as
number 1 about waste prevention, number 7 about using of renewable feedstocks, and number 12 about
conditioning for accident prevention. The design of this study is used a 4-D (define, design, develop and
desseminate), however, this study is only limited to develop and conduct a limited test of 12 students of
class XI IPA SMA 14 Surabaya. The feasibility of worksheet discussed includes: 1) validity in terms of
content validity and construct validity, 2) practicality in terms of student activities and student
questionnaire responses, and 3) effectivity in terms of science process skills tests (pretest and posttest).
The results showed that the feasibility of worksheet in terms of content validity was said to be valid with a
percentage of 80.36% and construct validity was said to be very valid with an overall average percentage
of 83.89%. Practicality in terms of student activities and student responses obtained very practical results
with a percentage of 90.28% and 95.49%. The effectiveness in terms of the results of the science process
skills test got n-gain score ranging from 0.66-0.88 on the medium-high category so that the development
of worksheet is feasible use in learning.
Key words: Student Worksheet, Science Process Skills, Green Chemistry

Published
2020-09-30
Section
Articles
Abstract Views: 395
PDF Downloads: 744