PENERAPAN PhET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK DI SMK NAHDLATUL ULAMA SUGIO LAMONGAN

  • Karuniatul Ilma Universitas Negeri Surabaya
  • Achmad Lutfi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas dan respon dari peserta didik
pada penerapan PhET sebagai media pembelajaran struktur atom dan sistem periodik.
Subjek..penelitian..adalah peserta..didik kelas X Otomotif SMK Nahdlatul Ulama Sugio Kabupaten
Lamongan. Instrument yang digunakan adalah soal Pre-test..dan..Post-test, lembar observasi aktivitas
peserta didik dan angket respon peserta didik. Desain penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah
One-Group Pre-test dan Post-test design, penelitian dilakukan dalam 1 kali pertemuan dengan rentang
waktu 3 x 45 menit dan diamati oleh 1 orang observer. Selama penelitian peserta didik dilatihkan
mengoperasikan PhET dan melakukan percobaan menggunakan media PhET pada materi struktur atom
dan sistem periodik. Kemudian pada akhir kegiatan pembelajaran diberikan tes hasil belajar untuk
mengetahui ketuntasan peserta didik selama penerapan media PhET dan pembagian lembar angket respon
peserta didik setelah menggunakan media PhET. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1)
ketuntasan yang didapat dari hasil..belajar..peserta..didik termasuk dalam kategori baik dengan mendapat
persentase ketuntasan..sebesar..75%, (2) aktivitas peserta didik selama pembelajaran struktur atom dan
sistem periodik menggunakan media PhET tergolong dalam predikat sangat aktif dengan ditunjukkan
persentase aktivitas peserta didik yang relevan sebesar 92,59% sedangkan yang tidak relevan sebesar
7,41%, dan (3) setelah menggunakan media PhET dalam pembelajaran struktur atom dan sistem periodik
respon peserta didik dikatakan baik, hal ini dibuktikan dengan rata-rata respon positif peserta didik
sebesar 92,5% sedangkan respon negatif peserta didik sebesar 7,5%. Bersarkan hasil dari penelitian maka
penggunaan PhET sebagai media pembelajaran struktur atom dan sistem periodik dapat meningkatkan
hasil belajar dengan kategori baik, aktivitas peserta didik selama pembelajaran sangat aktif dan respon
peserta didik baik.
Kata Kunci: media pembelajaran PhET, struktur atom, hasil belajar, respon, aktivitas peserta didik

Abstract
The purpose of this research is to know the learning outcome, activity and respons of student on the
application of PhET as learning medium for atomic structure and periodic system. The research subjects
were students of class X Automotive SMK Nahdlatul Ulama Sugio Lamongan Regency. The instruments
used was a matter of Pre-test and Post-test, observation sheet of student activity and student
questionnaire responses. The research design carried out in this study is the One-Group Pre-test and
Post-test design, the study was conducted in 1 meeting with a span of 3 x 45 minutes and observed by 1
observer. During the study students were trained to operate the PhET and conduct experiments using the
PhET media on atomic structure and periodic system. Then at the end of the learning activity given a test
of learning outcomes to determine the completeness of student during the applicaton of the PhET media
and the distribution of students questionnaire responses after using the PhET media The data obtained
shows that: (1) completeness of student learning outcomes is included in the good category by getting a
percentage of completeness of 75%, (2) The activities of students during the learning of atomic structures
and periodic systems using the PhET media are classified as very active with proven percentage of
relevant student activity of 92.59% while irrelevant of 7.41%, and (3) After using the PhET media in
learning the atomic structure and the periodic system the response of students is said to be good, this is
evidenced by the average positive response of students by 92.5% while the negative response of students
by 7.5%. Based on the results of the study, the use of PhET as a learning medium for atomic structures
and periodic systems can improve learning outcome in either category, student activity during learning is
very active and student responses are good.
Keyword: PhET Learning media, atomic structure atom, learning outcomes, responses, student activities.

Published
2020-09-30
Section
Articles
Abstract Views: 202
PDF Downloads: 1320