VALIDITAS PERMAINAN ELEMENT ADVENTURE BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA UNSUR

  • Nadhifatus Shifa’ Al-mira Universitas Negeri Surabaya
  • Rusly Hidayah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan permainan element adventure berbasis android sebagai media pembelajaran kimia unsur berdasarkan kevalidan media permainan tersebut. Model pengembangan penelitian ini diadaptasi dari penelitian model Borg dan Gall yang terdiri dari 10 tahap. Namun, pada penelitian ini dilakukan sampai tahap 4 meliputi tahap studi pendahuluan, tahap merencanakan penelitian, tahap pengembangan desain dan tahap uji coba awal. Kevalidan permainan berbasis android element adventure ditinjau dari aspek validitas isi dan validitas konstruk. Validitas isi dan validitas konstruk didapatkan dari penilaian validator yang dilakukan oleh 2 orang dosen kimia UNESA dan 1 guru kimia SMA Negeri 1 Porong Sidoarjo. Validitas isi didapatkan dari penilaian 2 aspek yaitu kebenaran konsep kimia yang memperoleh nilai sebesar 93,33% dengan kategori sangat valid dan mempunyai tujuan didalam permainan yang memperoleh nilai sebesar 86,67% dengan kategori sangat valid. Sehingga dari data tersebut, didapatkan rata-rata validitas isi sebesar 90,00% dengan kategori sangat valid. Sedangkan validitas konstruk didapatkan dari 11 aspek yang dinilai dan memperoleh nilai 87,98% dengan kategori sangat valid. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan element adventure yang dikembangkan valid sebagai media pembelajaran dibuktikan dengan presentase validitas isi sebesar 90,00% dengan kategori sangat valid dan validitas konstruk sebesar 88,57% dengan kategori sangat valid.

Kata kunci: permainan element adventure, pengembangan media pembelajaran, kimia unsur.

Abstract

The purpose of this research is to develop an android-based element adventure game as an element of learning chemistry based on eligibility the game media. The development model of the research was adapted from the research of the Borg and Gall models consisting of 10 stages. However, the research was conducted until stage 4 covering preliminary study stage, research planning phase, design development stage and early trial stage. Kevalidan game based on the Android element Adventure is reviewed from the content validity and validity aspects of the construct. The validity and validity of the construct was obtained from the validator assessment conducted by 2 Unesa chemical lecturers and 1 Porong Sidoarjo High school chemistry teacher. The validity of the contents obtained from the assessment of 2 aspects is the truth of the chemical concept that obtained a value of 93.33% with a category is very valid and has a purpose in the game that obtained a value of 86.67% with a category is very valid Thus, from the data, the average validity of the content of 90.00% is obtained with a very valid category. While the validity of the construct was obtained from 11 aspects assessed and obtained a value of 87.98% with a very valid category. So that the research, results show that the game element adventure is developed valid as a learning medium evidenced by the validity percentage of content of 90.00% with a very valid category and a construct validity of 88.57% with a very valid category. Keywords: Element Adventure game, Development media learning, chemical elements.

Published
2020-09-30
How to Cite
Al-mira, N., & Hidayah, R. (2020). VALIDITAS PERMAINAN ELEMENT ADVENTURE BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA UNSUR. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 371-378. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p371-378
Section
Articles
Abstract View: 553
PDF Download: 577