PENGEMBANGAN E-MODULE INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR

  • Syahrul Wahyu Rahmatsyah Universitas Negeri Surabaya
  • Kusumawati Dwiningsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbentuk e-module interaktif dengan metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, and Dessiminate) yang dimodifikasi menjadi 3D. Data diperoleh berdasarkan hasil wawancara guru kimia dan pemberian angket terhadap peserta didik. Hasil validasi perangkat ini mendapat skor 90% untuk kriteria isi, 93% untuk kriteria penyajian, 84% untuk kriteria kebahasaan, dan 100% untuk kriteria kegrafikan. Berdasarkan data hasil penelitian, e-module yang dikembangkang dikatakan layak apabila semua aspek kriteria mendapatkan skor ≥ 61%. Sehingga e-module interaktif sebagai sumber belajar pada materi sistem periodik unsur dapat dijadikan solusi dari permasalahan kegiatan pembelajaran daring.

Published
2021-01-19
Section
Articles
Abstract Views: 1759
PDF Downloads: 2387