PENGEMBANGAN LKPD BERORIENTASI LEARNING CYCLE 7-E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

  • Siti Ema Kustianingsih Universitas Negeri Surabaya
  • Muchlis Muchlis Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi learning cycle 7E pada materi kesetimbangan kimia yang memenuhi syarat kelayakan. Penelitian ini mengikuti desain Research and Development (R&D) namun terbatas sampai tahap uji coba produk. Subjek penelitian terdiri atas 15 peserta didik SMA Negeri 1 Kedungadem, Bojonegoro. Kelayakan LKPD ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang ditentukan menggunakan instrumen penelitian secara berturut-turut yaitu lembar validitas, lembar angket respon, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan LKPD dinyatakan valid berdasarkan kriteria isi, penyajian, kegrafikan, kesesuaian model learning cycle 7E, dan kesesuaian keterampilan berpikir kritis yang memperoleh persentase secara berturut-turut adalah 82%, 85%, 85%, 88,7%, dan 87,5% kategori sangat valid. LKPD juga memenuhi syarat kepraktisan berdasarkan lembar respon peserta didik yang memperoleh rata-rata persentase sebesar 92,5% kategori sangat baik. LKPD juga dinyatakan efektif berdasarkan hasil tes pengetahuan dihitung berdasarkan n-gain score dengan perolehan persentase 63,3% kategori tinggi dan 46,7% kategori sedang dan tes keterampilan diperoleh persentase pada setiap komponen berpikir kritis yaitu, interpretasi 79,51%, analisis 86,6%, inferensi 88,3%, dan evaluasi 80,35% dengan kategori tinggi.

Kata kunci: penelitian pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Learning Cycle 7-E, keterampilan berpikir kritis.

Published
2021-04-15
How to Cite
Kustianingsih, S., & Muchlis, M. (2021). PENGEMBANGAN LKPD BERORIENTASI LEARNING CYCLE 7-E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. UNESA Journal of Chemical Education, 10(2), 140-148. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/38655
Section
Articles