REVIEW: PERAN HANDOUT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN KIMIA

  • Rahmawati Laela, Rinaningsih Jurusan kimia Unesa

Abstract

Handout termasuk salah satu bahan ajar yang sangat ringkas dan disiapkan oleh guru untuk
memudahkan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Pembahasan tentang handout dalam
artikel ini bertujuan untuk mengetahui peranan handout dalam meningkatkan hasil belajar pada
pembelajaran kimia. Metode yang digunakan adalah meta-analisis yaitu tinjauan dari beberapa hasil
penelitian dalam masalah yang seragam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mencari
jurnal dan artikel ilmiah yang berhubungan dengan penggunaan handout dalam meningkatkan hasil
belajar pada pembelajaran kimia dengan tersedianya data sebelum dan sesudah penggunaan handout.
Analisis data diolah menggunakan uji statistik paired sample. Berdasarkan hasil uji analisis dari empat
belas penelitian tentang handout didapatkan rata-rata hasil belajar yang signifikan sebesar 43,84 dan
nilai Gain sebesar 0,7 yakni termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan
bahwa penggunaan handout dalam pembelajaran kimia berpengaruh pada peningkatan hasil belajar
peserta didik.
Kata kunci : Handout, pembelajaran kimia, hasil belajar

Published
2021-03-19
How to Cite
Laela, Rinaningsih, R. (2021). REVIEW: PERAN HANDOUT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN KIMIA. UNESA Journal of Chemical Education, 10(2), 122-130. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/38730
Section
Articles