KELAYAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK SMA KELAS XI

  • Amala Anggraeni Afandi Universitas Negeri Surabaya
  • Rusmini Rusmini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Toulmin Argumentation Pattern (TAP) untuk melatihkan keterampilan argumentasi peserta didik. Hal ini dikarenakan guru belum menaruh perhatian khusus dalam menerapkan keterampilan argumentasi pada proses pembelajaran, serta peserta didik tidak terbiasa melakukan argumen, sehingga membuat keterampilan tersebut kurang dilatihkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (RnD) yang dibatasi hingga tahap uji coba terbatas kepada 20 peserta didik kelas XII SMAN 1 Krian. Kelayakan LKPD yang dikembangkan ditinjau berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil validasi berdasarkan aspek isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan masing-masing sebesar 88,3%, 93,1%, 91,7%, dan 87,5% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Kepraktisan berdasarkan respon dan pengamatan aktivitas peserta didik mendapat hasil berturut-turut sebesar 93,9% dan 93,0% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan berdasarkan ketuntasan hasil belajar pada ranah kognitif dan hasil pretest dan posttest keterampilan argumentasi mendapat hasil berupa ketuntasan klasikal sebesar 100%, serta terjadi peningkatan tes keterampilan argumentasi dan tes kognitif dengan rata-rata n-gain score mencapai 0,75 dengan kategori tinggi, dan dinyatakan sangat efektif. Berdasarkan rincian hasil yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa peneliti telah berhasil mengembangkan LKPD menggunakan tahapan TAP untuk melatih keterampilan argumentasi peserta didik yang dinyatakan sangat layak.

Kata kunci: LKPD, keterampilan argumentasi, larutan penyangga.

 

Published
2021-04-24
How to Cite
Afandi, A., & Rusmini, R. (2021). KELAYAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK SMA KELAS XI. UNESA Journal of Chemical Education, 10(2), 172-184. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/38798
Section
Articles