PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

  • Ellya Bierera Universitas Negeri Surabaya
  • Muchlis Muchlis Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis PBL untuk melatihkan keterampilan berpikir analitis pada materi elektrolit dan nonelektrolit yang layak digunakan. Kelayakan LKPD ditinjau dari aspek validitas (isi dan konstruk), kepraktisan dan keefektifan. Penelitian dalam mengembangkan LKPD menggunakan model 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate, tetapi pelaksanaannya dibatasi sampai tahap develop. Aspek validitas didasarkan atas penilaian dosen ahli. Kepraktisan didasarkan atas respon peserta didik. Keefektifan diperoleh dari nilai tes keterampilan analitis peserta didik. Uji coba dilakukan pada 12 peserta didik SMAN 3 Sidoarjo. Hasil penelitian untuk aspek validitas LKPD memperoleh kriteria sangat valid dengan persentase rata-rata sebesar 84,17% dari segi isi dan 90,28%, 90,28%, 88,89% dari segi konstruk secara berurutan untuk kebahasaan, penyajian dan kegrafikan. LKPD yang digunakan memperoleh kriteria sangat praktis yang dinilai dari hasil respon peserta didik dengan persentase rata-rata sebesar 90,56% dan didukung dengan aktivitas peserta didik. Hasil tes keterampilan berpikir analitis peserta didik menunjukkan N-Gain skor rata-rata sebesar 0,84 dengan kriteria tinggi dan memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 91,67%, sehingga LKPD dikatakan sangat efektif. Secara keseluruhan, pengembangan LKPD berbasis PBL dikatakan layak untuk digunakan dalam melatihkan keterampilan berpikir analitis pada materi elektrolit dan nonelektrolit.
Kata kunci: PBL, LKPD, keterampilan berpikir analitis, elektrolit dan nonelektrolit.

Published
2021-04-20
How to Cite
Bierera, E., & Muchlis, M. (2021). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. UNESA Journal of Chemical Education, 10(2), 149-158. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/38804
Section
Articles