PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI POGIL PADA MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO (LEARNING IMPLEMENTATION OF POGIL STRATEGY IN THE MATTER OF SOLUBILITY A

  • Yanuarin Nisaur Rohmah Jurusan Kimia FMIPA Unesa
  • Muchlis . .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  kemampuan berpikir kritis siswa setelah dilakukan penerapan pembelajaran dengan strategi POGIL pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian dilakukan sebanyak dua kali pertemuan dengan sasaran penelitian sebanyak 28 siswa SMA Negeri 1 Sooko. Rancangan penelitian ini menggunakan “One Group Pretest-Posttest  Design”. Metode pengumpulan data siswa menggunakan lembar tes dan angket respon siswa. Keberhasilan pembelajaran dalam melatih kemampuan berpikir kritis ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata nilai pretes dan postes berpikir kritis yang dianalisis menggunakan skor gain yang dinormalisasi. Nilai <g> yang diperoleh termasuk dalam kategori tinggi dengan skor <g> sebesar 0,7155. Ketuntasan hasil belajar dianalisis dari nilai postes hasil belajar kognitif produk diakhir pembelajaran yang secara klasikal dinyatakan tuntas sebesar 89,28%.

Kata Kunci: Strategi POGIL, Berpikir kritis, Kelarutan, Hasil kali kelarutan

The aims of these research to know the implementation of POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) strategy to practice critical thinking ability after the implementation of POGIL strategy in the subject matter solubility and solubility product. The research was carried out with the research target 28 students of SMA Negeri 1 Sooko. The type of these this research is a quasi-experimental research design with one group pretest-postest design. Successful learning in training critical thinking ability demonstrated by an increase in the average value of critical thinking pretest and posttest scores were analyzed using the normalized gain. It values ​​obtained in the high category with a score of <g> is 0,7155. Mastery of learning outcomes analyzed from cognitive achievement posttest value end products of learning in classical declared complete by 89.28%.

Key words: POGIL strategy, Critical thinking ability, Solubility, Solubility product


Published
2013-09-30
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 37