HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA YANG DITATA DENGAN MODEL KURIKULER SETS KELAS XI SMA NEGERI 1 RENGEL TUBAN (STUDENT LEARNING OUTCOMES THROUGHT THE INQUIRY LEARNING ON SUBJECT MATTER OF BUFFER SOLUT

  • Hestiana Rahayu . Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas negeri Surabaya
  • Utiya Azizah .

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga yang ditata dengan model kurikuler SETS. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pra eksperimental dengan rancangan penelitian ”One Shot Case Study”, sehingga tidak ada kelompok pembanding dan tanpa dilakukan tes pada awal pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XI IPA 3 SMA Negeri  1 Rengel Tuban pada tahun ajaran 2012-2013. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa keterlaksanaan pembelajaran inkuiri selama tiga kali pertemuan sudah terlaksana baik dengan skor rata-tata sebesar 3,48. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 80% dengan 24 siswa yang tuntas dari 30 siswa.

Kata-kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Inkuiri, Larutan penyangga, Kurikuler SETS

Purpose of the research is to examine teacher activity when manage inquiry learning model and student learning outcomes in buffer solution is styled with curricular model SETS though implementation of inquiry learning model. This type of research is pra experiments using the research design one shot case study, so no comparison group and without testing early learning. This research implemented in class XI IPA 3 SMA Negeri 1 Rengel Tuban in academic year 2012/2013. Based on the analysis results obtained that implementation of inquiry learning has been performing well with average scores of 3.48. Mastery learning students in the classical of 80% to 24 students of the 30 students who completed.

Keyword: Student Learning Outcomes, Inquiry learning model, Buffer solution, Curricular model SETS


Published
2013-09-30
Section
Articles
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 74