PENERAPAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENCEGAH MISKONSEPSI PADA MATERI POKOK ASAM-BASA DI KELAS XI SMAN 1 MENGANTI GRESIK (APPLICATION OF ANIMATION MEDIA TO PREVENT MISCONCEPTIONS OF ACID-BASE FOR XI-GRADE SMAN 1 MENGANTI GRESIK)

  • Nurul Fitriyah . Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA, UNESA
  • Sukarmin . .

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui adanya perbedaan secara signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, dan 2) Untuk mengetahui penerapan media animasi dapat digunakan sebagai strategi pencegahan miskonsepsi pada materi pokok asam dan basa. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 4 (sebagai kelas kontrol). Metode yang digunakan adalah tes (pretes dan postes). Hasil penelitian diperoleh : 1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hal ini didasarkan pada uji t menggunakan SPSS dengan taraf signifikasi 0,05, didapatkan harga t hitung sebesar 8,725 dan t tabel sebesar 2,042. Artinya, t hitung lebih besar dari t tabel (H1 diterima), dan 2) Penerapan media animasi dapat digunakan sebagai strategi penurunan miskonsepsi dilihat dari perbandingan persentase miskonsepsi pada tes pelacakan awal dan tes pelacakan akhir pada kelas eksperimen dengan rentang penurunan sebesar 3,45% - 62,1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media animasi dapat mencegah miskonsepsi pada materi pokok asam-basa di kelas XI SMAN 1 Menganti Gresik.

Kata Kunci: Media Animasi, Miskonsepsi, Asam dan Basa

The research to know : 1) Determine the existence of significant differences between the experimental class and the control class, and 2) Determine the application of animation media can be used as a prevention strategy misconceptions on the subject matter of acids and bases. Objectives of this study were students of class XI IPA 1 (the experimental class) and class XI IPA 4 (​​as a control class). The method used is the test (pretest and posttest). Results were obtained: 1) There are significant differences between the control and experimental classes. It is based on a t test using SPSS with significance level of 0,05, the price t obtained was 8,725 and t table is 2,042. That is, t is greater than t table (H1 accepted), and 2) Application of animation media can be used as a strategy to decrease misconceptions seen from a comparison of the percentage of misconceptions on pretest and postest in the experimental class with a decrease of range 3,45% – 62,1%. It can be concluded that the animation media can prevent misconceptions in acid-base SMAN 1 Menganti Gresik.

Key words : Animation media, Misconception, Acid and Base


Published
2013-09-30
Section
Articles
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 428