PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA

  • Fatayah Fatayah Universitas Billfath
Keywords: Laboratorium Virtual, Kimia, Ketuntasan Belajar

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Dalam pemanfaatan teknologi, untuk membantu proses pembelajaran siswa berbasis praktikum jika mengalami kendala pada keterbatasan kebutuhan pratikum salah satunya menggunakan laboratorium virtual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah dibelajarkan menggunakan aplikasi edustore pada materi laju reaksi. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Tahapan penelitian ini, yaitu uji kelayakan perangkat pembelajaran (RPP), uji validitas soal tes, penerapan pembelajaran melalui media laboratorium virtual, dan pemberian soal tes. Analisis tes awal dapat diketahui bahwa ke empatbelas siswa yang menjadi subjek penelitian ini hanya satu siswa yang mencapai ketuntasan pada indikator 1. Dari analisis tes akhir dapat diketahui bahwa dari keempatbelas siswa yang menjadi subjek penelitian, 100% telah mencapai ketuntasan pada indikator 1 sedangkan pada indikator 2 ada 2 siswa yang belum tuntas artinya ada 86% siswa yang mencapai ketuntasan pada indikator 2. Pada indikator 3 ada 3 siswa yang belum mencapai ketuntasan (78% siswa sudah mencapai ketuntasan). Artinya, dengan menerapkan membelajaran berbantuan media laboratorium virtual pada materi laju reaksi dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa.

References

Setiadi, R., & Muflika, A. A. 2012. Eksplorasi pemberdayaan courseware simulasi PhET untuk membangun keterampilan proses sains siswa SMA. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol. 17, No.2, pp. 258–268.

Simbolon, D. H. 2015. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen riil dan laboratorium virtual terhadap hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Vol. 21, No. 3, pp. 299–316.

Handayanti, Y., Setiabudi, A., & Nahadi, N.2015. Analisis profil model mental siswa SMApada materi laju reaksi. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA. Vol. 1, No. 1, pp. 107–122.

Totiana, F. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dilengkapi Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid Kelas Xi Ipa Semester Genap SMAN 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 1, No. 1, pp. 74-79.

Sutrisno, S. 2011. Pengantar pembelajaran inovatif berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Jakarta: Gaung Persada Press.
Soni, S., Katkar, M. D., & Raisoni, G. H. 2014. Survey paper on virtual lab for e-Learners. International Journal of Application in Engineering & Management. Vol. 3, No.1, pp. 108–110.

Djmarah, S. B. 2011. Psikologi Belajar Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, S. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Menyelesaikan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Jamuri, Kosim, & Doyan, A. 2015. Pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD berbasis Multi media interaktif terhadap penguasaan konsep siswa Pada materi termodinamika. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Vol. 1, No. 1, pp. 123-134.

Sari, A. L. R., & Parno & Taufiq, A. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA pada Materi Hukum Newton. Prosiding Seminar Nasional Pend. IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Riduwan, S. P. 2016. Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Fatayah, F., Yuliana, I. F., & Mufidah, L. 2022. Validity and Reliability Analysis in Supporting Mastery Learning STEM Model. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya. Vol. 18, No.1, pp. 49–60.

Siregar, E. M. 2017. Pengaruh Penerapan Laboratorium Virtual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Asam Basa Kelas XI MIA MAN Model Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Kimia.

Sumargo, E. 2014. Penerapan Media Laboratorium Virtual (Phet) Pada Materi Laju Reaksi Dengan Model Pengajaran Langsung (The Application Of Virtual Laboratory Media (Phet) At Reaction Rate Subject Using Direct
Instruction Model). Unesa Journal of Chemical Education. Vol. 3, No.1, pp. 119-133
Published
2023-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 196
PDF Downloads: 351