KELAYAKAN LEMBAR PENUGASAN TERSTRUKTUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

  • Calvin Andana Yumansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Suyono Suyono Universitas Negeri Surabaya
Keywords: LPT-KBKi, Laju reaksi, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian LPT-KBKi bertujuan untuk menghasilkan Lembar Penugasan Terstruktur Keterampilan Berpikir Kritis yang memiliki kelayakan sebagai perangkat pembelajaran kimia pada materi laju reaksi dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis. LPT-KBKi dikembangkan menggunakan metode Research and Develompment (R&D). 15 peserta didik SMAN 1 Tarik yang memperoleh materi laju reaksi sebagai sasaran uji efektivitas LPT-KBKi . Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar telaah, lembar validasi, lembar angket respons peserta didik, dan lembar tes keterampilan berpikir kritis. Tahapan penelitian antara lain: (1) mengumpulkan penelitian pendahuluan; (2) merumuskan masalah dan potensi harapan; (3) merancang desain LPT-KBKi; (4) validasi LPT-KBKi; (5) revisi desain LPT-KBKi; (6) uji coba LPT-KBKi; (7) revisi LPT-KBKi. Hasil kevalidan LPT-KBKi untuk tiap soal dengan nilai Mo ≥ 4.  Hasil respons peserta didik terhadap komponen indikator keterampilan berpikir kritis sebesar 100% (sangat praktis). Pengujian efektivitas berdasarkan hasil tes berbentuk desain one group pretest-posttest. Berdasarkan hasil uji-t satu pihak diperoleh hasil thitung > ttabel, yaitu 37,25 > 1,76. Hasil tersebut menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penggunaan LPT-KBKi. Simpulan berdasarkan hasil tersebut Lembar Penugasan Terstruktur Keterampilan Berpikir Kritis (LPT-KBKi) menjadi perangkat pembelajaran yang layak untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis.

References

1. Permendikbud. 2016. “Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., no. 20.
2. Astuti, Andari Puji, Abdul Aziz, Sri Susilogati Sumarti, and Dwi Anggani Linggar Bharati. 2019. “Preparing 21st Century Teachers: Implementation of 4C Character’s Pre-Service Teacher through Teaching Practice.” Journal of Physics: Conference Series 1233 (1).
3. Peters-burton, Erin E, and Stephanie M Stehle. 2019. “Developing Student 21 St Century Skills in Selected Exemplary Inclusive STEM High Schools.” International Journal of STEM Education 6 (39): 1–15.
4. Changwong, Ken, Aukkapong Sukkamart, and Boonchan Sisan. 2018. “Critical Thinking Skill Development: Analysis of a New Learning Management Model for Thai High Schools.” Journal of International Studies 11 (2): 37–48.
5. OECD. 2018. “PISA for Development Science Framework.” PISA for Development Assessment and Analytical Framework: Reading, Mathematics and Science, 71–97
6. Finissha, Gadis Dinda, Yudhi Arifani, and Candra Hadi Asmara. 2022. “Investigating Critical Thinking In Solving Reading Problem.” Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics 5 (2): 109.
7. Torgesen, Joseph K. 2000. “Individual Differences in Response to Early Interventions in Reading: The Lingering Problem of Treatment Resisters.” Learning Disabilities Research and Practice 15 (1): 55–64.
8. Nieveen, Nienke. 2013. Educational Design Research. Edited by Tjeerd Plomp. 1st ed. International Slo. http://international.slo.nl/publications/ed
9. Hidayat, Ainur Rahmat. 2018. Filsafat Berfikir: Teknik-Teknik Berfikir Logis Kotra Kesesatan Berpikir. Edited by Moh Afandi. Duta Media. Vol. 53. Pamekasan: Duta Media Publising.
10. Talat, Amina, and Hina Fakhar Chaudhry. 2014. “The Effect of PBL and 21st Century Skills on Students’ Creativity and Competitiveness in Private Schools.” Lahore Journal of Business 2 (2): 89–114.
11. Taofek, Iwan, and Rudiana Agustini. 2020. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Laju Reaksi Kimia Kelas Xi Sma Development of Student Worksheets Based on Contextual Teaching and Learning To Impro.” UNESA Journal of Chemical Education 9 (1): 121–25.
12. Cahyana, U., E. Fitriani, R. Rianti, and S. Fauziyah. 2018. “Analysis of Critical Thinking Skills in Chemistry Learning by Using Mobile Learning for Level X.” IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 434 (1).
13. Nelson, Peter G. 2019. “What Is Chemistry That I May Teach It?” Foundations of Chemistry 21 (2): 179–91.
14. Fantiani, Cicik, Muhammad Win Afgani, and Resti Tri Astuti. 2023. “Analisis Miskonsepsi Siswa Berbantuan Certainty of Response Index (CRI) Pada Materi Pembelajaran Laju Dan Orde Reaksi.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 17 (1): 36–40.
15. Wiyarsi, Antuni, Atina Rizanatul Fachriyah, Didi Supriadi, and Muhd Ibrahim Bin Muhamad Damanhuri. 2019. “A Test of Analytical Thinking and Chemical Representation Ability on ‘Rate of Reaction’ Topic.” Cakrawala Pendidikan 38 (2): 228–42.
16. Sugiyono. 2007. Statika Untuk Penelitian. Edited by Edited by M.Pd Dra. Endang Mulyatiningsih. Bandung: CV ALFABETA.
17. Riduwan. 2016. Skala Pengukuran Variabel Variabel Penelitian. Edited by Warsiman. Bandung: CV ALFABETA.
18. Facione, Peter a. 2011. “Critical Thinking : What It Is and Why It Counts.” Insight Assessment, no. ISBN 13: 978-1-891557-07-1.: 1–28.
19. Alfath, Khairuddin, and Fajar Fauzi Raharjo. 2019. “Teknik Pengolahan Hasil Asesmen: Teknik Pengolahan Dengan Menggunakan Pendekatan Acuan Norma (Pan) Dan Pendekatan Acuan.” Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam 8 (1): 1–28.
20. Rosidin, Undang, Nina Kadaritna, and Neni Hasnunidah. 2019. “Can Argument-Driven Inquiry Models Have Impact on Critical Thinking Skills for Students with Differentpersonality Types?” Cakrawala Pendidikan 38 (3): 511–26. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.24725.
21. Jannah Ummirotull, Ellysa. 2022. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Matematis Ditinjau Dari Mathematical Belief” 08 (2): 26–37.
22. Rosidah, Nenden Annisa, Taufik Ramlan Ramalis, and Iyon Suyana. 2018. “Karakteristik Tes Keterampilan Berpikir Kritis ( Kbk ).” Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 54–63
Published
2024-01-17
Section
Articles
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 17