PENDEKATAN STEM DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS

Authors

  • Oktavia Sulistina Department of Chemistry, Universitas Negeri Malang
  • Aisyah Permatasari
  • Alya Dwi Regita Cahyani Universitas Negeri Malang
  • Hasna Tsuroyya Syihab Universitas Negeri Malang
  • Lisna Rohmawati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v13n3.p258-268

Keywords:

Pendekatan STEM, Literasi sains

Abstract

Kemampuan individu memahami informasi sains yang kompleks dan memilih keputusan yang tepat melalui kemampuan literasi sains dalam era digital sangat penting. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran sains yang bisa meningkatkan keterampilan tersebut, yaitu pembelajaran dengan pendekatan STEM. Systematic Literature Review (SLR) yang dilakukan bertujuan untuk memperoleh informasi tentang definisi STEM, definisi literasi sains, implementasi dan pengaruh STEM terhadap literasi sain. SLR dilakukan dengan meninjau sebelas artikel yang berfokus pada pembelajaran menggunakan pendekatan STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa dari tahun 2016 sampai 2023. Hasil review menunjukkan bahwa definisi STEM mengacu pada pendekatan pembelajaran yang memadukan pengetahuan sains dan penerapan pengetahuan di kehidupan nyata untuk memecahkan masalah di lingkungan sekitar siswa dan definisi literasi sains adalah kemampuan sains yang digunakan dalam pendekatan STEM untuk memahami masalah. Implementasi pendekatan STEM untuk meningkatkan literasi sains sangat identik dengan penggunaan strategi PBL dan PjBL yang dalam hal ini sangat berkaitan dengan STEM. Adanya pendekatan STEM membawa pengaruh terhadap literasi sains dengan berbagai macam implementasi yang telah dilakukan, yakni berhasil meningkatkan literasi sains siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amini, S., dan Sinaga, P. 2021. Inventory of Scientific Literacy Ability of Junior High School Students Based on the Evaluation of PISA Framework Competency Criteria. J. Phys. Conf. Ser., Vol. 1806, No. 1, pp. 1–6.

Afriana, J., Permanasari, A., dan Fitriani, A. 2016. Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. J. Inov. Pendidik. IPA, Vol. 2, No. 2, pp. 261–267.

Pati, D., dan Lorusso, L. N. 2018. How to Write a Systematic Review of the Literature. HERD: Health Environments Research & Design Journal, Vol. 11, No. 1, pp. 15–30.

Sanders, M. 2009. STEM, STEM Education, STEMmania. Technol. Teach., Vol. 68, No. 4, pp. 20–26.

Becker, K., dan Park, K. 2011. Effect of Integrative Approaches Among Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Subjects on Students’ Learning: A Preliminary Meta-Analysis. J. Od STEM Educ., Vol. 12, No. 5 dan 6, pp. 23–37.

Rahmawati, Y., Andanswari, F. D., Ridwan, A., Gillies, R., dan Taylor, P. C. 2020. STEM Project-Based Learning in Chemistry: Opportunities and Challenges to Enhance Students’ Chemical Literacy. Int. J. Innov., Vol. 13, No. 7, pp. 1673–1694.

Dianti, S. A. T., Pamelasari, S. D., dan Hardianti, R. D. 2023. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan STEM Terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Proceeding Seminar Nasional IPA, pp. 432–442.

Ismail, Permanasari A., dan Setiawan, W. 2016. STEM Virtual Lab: An Alternative Practical Media to Enhance Student’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 5, No. 2, pp. 239–246.

Khaeroningtyas, N., Permanasari, A., dan Hamidah, I. 2016. STEM Learning in Material of Temperature and Its Change to Improve Scientific Literacy of Junior High School Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 5, No. 1, pp. 94–100.

Sutiani, A. dan Pasaribu, C. J. T. 2023. Fostering Scientific Literacy through Integrated STEM Teaching Materials on Basic Laws of Chemistry. JTK J. Tadris Kim., Vol. 8, No. 1, pp. 95–103.

Safitri, R., dan Haryanto, H. 2021. Development of PBL-STEM-Based E-LKPD to Improve Students’ Science Literacy Skills on Reaction Rate Materials. J. Pendidik. Kim., Vol. 13, No. 2, pp. 113–129.

Siska, Abdurrahman, dan Rosidin, U. 2020. Pengembangan Cerita Bergambar Fisika Berbasis STEM untuk Menumbuhkan Literasi Sains pada Siswa SMP. J. Pendidik. Fis., Vol. 8, No. 1, pp. 11–23.

Pandia, A. B., Sumarni, W., dan Izzania, R. A. 2021. Pengembangan Alat Peraga Uji Daya Hantar Listrik Berbasis STEM dan Pengaruhnya Terhadap Literasi Kimia Peserta Didik. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Aswirna, P., Kiswanda, V., Nurhasnah, N., dan Fahmi, R. 2022. Implementation of STEM E-Module with SDGs Principle to Improve Science Literacy and Environment-Friendly Attitudes in Terms of Gender. JTK J. Tadris Kim., Vol. 7, No. 1, pp. 64–77.

Sakti, I., Nirwana, N., dan Defianti, A. 2022. Implementasi Pembelajaran Berbasis STEM pada Mata Kuliah Kajian IPA-1 Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa. J. Kumparan Fis., Vol. 5, No. 2, pp. 131–140.

Anwar, E. H. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol. 5, No. 1, pp. 45–57.

Daugherty, M. K., dan Sahin-Topalcengiz, E. 2011. 21st Century Skills: Preparing Students for the Future. Republik of Maldova: Alecu Russo Balti State University.

Bybee, R. W. 2010. Advancing STEM Education: A 2020 vision. Technol. Eng. Teach., Vol. 70, No. 1, pp. 30–35.

Lee, M. W., Ryu, S., Kim, D. S., Lee, J. W., Sung, K. W., Koo, H. H., dan Yoo, K. H. 2019. Mesenchymal STEM Cells in Suppression or Progression of Hematologic Malignancy: Current Status and Challenges. Leukemia, Vol. 33, No. 3, pp. 597–611.

Ergül, N. R., dan Kargın, E. K. 2014. The Effect of Project based Learning on Students’ Science Success. Procedia - Soc. Behav. Sci., Vol. 136, pp. 537–541.

Kusasi, M., Fahmi, F., Sanjaya, R. E., Riduan, M., dan Anjani, N. 2021. Feasibility of STEM-Based Basic Chemistry Teaching Materials to Improve Students’ Science Literature in Wetland Context. J. Phys. Conf. Ser., Vol. 2104, No. 1, pp. 1–8.

Irmita, L. U. 1970. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Menggunakan Pendekatan Science, Technology, Engineering And Mathematic (STEM) pada Materi Kesetimbangan Kimia. Orbital J. Pendidik. Kim., Vol. 2, No. 2, pp. 26–36.

Rahmadani, N. F., Ariani, S. R. D., Mulyani, S., dan Indriyanti, N. Y. 2023. Effectiveness Of Virtual STEM Laboratories for Enhancing High School Students’Creativity and STEM Literacy. JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia), Vol. 8, No. 1, pp. 26–36.

Downloads

Published

2024-09-13

Issue

Section

Articles
Abstract views: 486 , PDF Downloads: 547