PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E DENGAN PENDEKATAN STEM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v13n3.p205-213Keywords:
model learning cycle 7E, pendekatan STEM, keterampilan berpikir kritis, laju reaksiAbstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui dampak dari penerapan model learning cycle 7E dengan pendekatan STEM terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik di MAN 1 Kota Pekalongan pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan desain non-equivalent control group design. Pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga didapati kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 yang menerapkan model learning cycle 7E dengan pendekatan STEM sebagai model belajar dan XI MIPA 5 sebanyak 34 sebagai kelas kontrol dengan penerapan model konvensional atau ceramah. Berdasarkan data hasil penelitian, didapati nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen sebesar 74,00 dan kelas kontrol sebesar 53,82. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 yang artinya kurang dari 0,05 sehingga model learning cycle 7E dengan pendekatan STEM berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi laju reaksi. Selain itu, berdasakan hasil uji effect size didapati hasil sebesar 1,7 yang menandakan pengaruhnya sangat tinggi.
Downloads
References
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., dan Adi, N. H. 2022. Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 4, No. 2, pp. 3011–3024.
Putriani, J. D., dan Hudaidah, H. 2021. Penerapan Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3, No. 3, pp. 830–838.
Saude, S., Afdal, A., Cikka, H., Kahar, M. I., dan Idris, I. 2022. Transformasi Peningkatan Disiplin Pendidik dalam Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 Pasca Endemi Covid 19. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 5, No. 11, pp. 5156–5165.
Sulistiani, E., dan Masrukan. 2020. Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, pp. 605–612.
Agustina, I. 2019. Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di Era Revolusi 4.0. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 1, pp. 17–26.
Septianingrum, I. 2022. Model Pembelajaran Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Keterampilan Kritis. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 10, No. 2, pp. 273–279.
Purwati, R., Hobri, dan Fatahillah, A. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. Jurnal Kadikma, Vol. 7, No. 1, pp. 84–93.
Rusydi, A. I., Hikmawati, H., dan Kosim, K. 2018. Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, Vol. 13, No. 2, pp. 124–131.
Sihombing, N., dan Suyanti, R. D. 2022. Pengaruh Model Learning cycle Berorientasi Collaborative Learning Berbantuan E-Modul Laju Reaksi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Indonesia Sosial Sains, Vol. 3, No. 3, pp. 419–427.
Satriani, A. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Kimia dengan Mengintegrasikan Pendekatan STEM dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017, Vol. 1, No. 1, pp. 207–213.
Eisenkraft. 2003. Expanding The 5E Model. Journal for High School Science Educators, Vol. 70, No. 6, pp. 56–59.
Aprianingsih, E., Bahtiar, B., dan Raehanah, R. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Kimia Kelas X SMAN 1 Brang Rea Tahun Pelajaran 20119/2020. Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, Vol. 2, No. 2, pp. 146–162.
Novita Sari, F., Indrawati, dan Wahyuni, D. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa IPA SMP. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, Vol. 12, No. 2, pp. 105–114.
Nurhidayati, E., Binadja, A., dan Supriadi, K. 2019. Penggunaan Learning Cycle 7E Bervisi SETS untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 8, No. 1, pp. 1–5.
Ariyatun, A., dan Octavianelis, D. F. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JEC: Journal of Educational Chemistry, Vol. 2, No. 1, pp. 33–39.
Anshori, S. 2018. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran. Civic Culter: Jurnal Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, pp. 88–100.
Sumaya, A., Israwaty, I., dan Ilmi, N. 2021. Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Pinrang. Pinisi Journal of Education, Vol. 1, No. 2, pp. 217–223.
Setiana, I. F., dan Madlazim, M. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pemanasan Global. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, Vol. 10, No. 1, pp. 125–130.
Susanti, E., dan Kurniawan, H. 2021. Desaign Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan STEM. Aksioma : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, Vol. 11, No. 1, pp. 37–52.
Aizenman, J., Kling, T., Ramsey, L., dan Solomon, J. 2022. Interdisciplinary Research and STEM-focused Social Science Curriculum Support Retention and Impact Perception of Science in Cohort of S-STEM Scholarship Students Invited Contributions to STEM Education. Jurnal of STEM Education, Vol. 3, No. 1, pp. 5–16.
Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Ennies, R. H. 2011. Critical Thinking: Reflection and Perspective Part 1. Assessing Critical Thinking about Values: A Quasi-Experimental Study: ResearchGate. Jurnal Univiersity of South Florida, Vol. 26, No. 1, pp. 4–7.
Rahardhian, A. 2022. Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, Vol. 445, No. 2, pp. 87–94.
Cohen. 1988. Statistical power analysis for the behavioural sciences (2nd ed.). New Jersey: Lawrence Erlbaum.
Marfilinda, R., Rossa, R., dan Apfani, S. 2020. The Effect of 7E Learning Cycle Model Toward Student’s Learning Outcomes of Basic Science Concept. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (JTLEE), Vol. 3, No. 1, pp. 77–87.
Rinto. 2019. Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) dengan Pendekatan STEM untuk Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, pp. 286–292.
Rinto. 2019. Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) dengan Pendekatan STEM untuk Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, pp. 286–292.
Setiana, I. F., dan Madlazim, M. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pemanasan Global. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, Vol. 10, No. 1, pp. 125–130.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.
Abstract views: 153
,
PDF Downloads: 205









