KELAYAKAN LKPD BERBASIS PjBL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI HIDROKARBON

Authors

  • Amalia Cahyaning Wulan Agustine Universitas Negeri Surabaya
  • Bertha Yonata Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v13n3.p179-191

Keywords:

LKPD, PjBL, Keterampilan Berpikir Kreatif, Hidrokarbon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis PjBL pada materi hidrokarbon untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas XI SMA. Kelayakan LKPD ditinjau dari hasil validasi ahli terkait kriteria isi materi, penyajian, dan kebahasaan yang sesuai dengan komponen model pembelajaran PjBL. Penelitian ini mengacu pada desain metode Research and Development (R&D) dengan pengembangan model 4-D (define, design, development, disseminate). Penelitian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan (development). Uji coba terbatas dilakukan pada 18 peserta didik yang berada pada Fase F yang telah mendapatkan materi hidrokarbon. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis PjBL layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kesimpulan ini didasarkan pada penilaian dari validator berdasarkan kelayakan kriteria validitas isi pada LKPD 1 dan 2 yang memperoleh koefisien validitas Aiken sebesar 0.94 dengan kriteria validitas tinggi. Sedangkan validitas konstruk pada LKPD 1 dan 2 memperoleh median 5 dengan kriteria sangat valid. Respon positif peserta didik memperoleh persentase sebesar 98,6%. Hasil tes keterampilan berpikir kreatif peserta didik mengalami peningkatan dengan rentang N-gain score ≥0,67 (sedang sampai dengan tinggi). Hasil posttest keterampilan berpikir kreatif peserta didik telah tuntas berdasarkan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yaitu ≥75. Hasil tes ranah pengetahuan mengalami peningkatan dengan rentang N-gain score ≥0,67 (sedang sampai dengan tinggi).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Redhana, W. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 13, No. 1, pp. 2239–2253.

Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Filsaime, D. K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Yuhasnil, Y. 2020. Manajemen Kurikulum dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), Vol. 3, No. 2, pp. 214–221.

Kemendikbud. 2013. Model Pengembangan Berbasis Proyek (Project Based Learning). Jakarta: Kemdikbud RI.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., dan Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children Minnepolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education. Minnesota: University of Minnesota.

Aiken, L. R. 1985. Three Coefficients for Analyzing the Reability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, Vol. 45, No. 1, pp. 131–142.

Pandawa, R. M., Ridwan, A., and Mahdiyah. 2021. Analysis of the Instrument Content Validity Using the Aiken Index on Disaster Nursing Competency Assessment. Degres, Vol. 20, No. 1, pp. 298–308.

Retnawati, H. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Paduan Peneliti, Mahasiswa & Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.

Haladyna, T., and Rodriguez, M. 2013. Developing and Validating Test Items. New York: Routledge.

Hake. 1999. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: Asix-thousand Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics ,Vol. 66 No. 2, pp. 64–74.

Chang, R. 2005. General Chemistry The Essential Concepts. Third Edition. USA: McGraw Hill.

Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Piaget, J. 1988. Antara Tindakan dan Pikiran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad-XXI. Jakarta: BSNP.

Sardiman, A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo.

Santrock, J. W. 2014. Psikologi Pendidikan Edisi 5. Jakarta: Salemba Humanika.

Muhaimin, M., Bakar, A., dan Ramadhan, A. A. 2016. Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Keterampilan Berpikir kreatif Pada Tingkat Berpikir Kreatif Siswa untuk Materi Hidrokarbon di Kelas XI MAN Model Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, Vol. 8, No. 2, pp. 25–38.

Tim. 2011. Buku Pedoman Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Sosial, dan Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya.

Doppelt, Y. 2005. A Methodology for Infusing Creative Thinking into a Project Based Learning and Its Assesment Process. USA: University of Pittsburg.

Thomas, J. W. 2000. A Review of Research on Project-Based Learning. California: The Autodesk Foundation.

Downloads

Published

2024-08-12

Issue

Section

Articles
Abstract views: 133 , PDF Downloads: 118