PENGEMBANGAN E-LKPD INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LIVEWORKSHEETS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Authors

  • Faiz Rizky Nur Awwaludin Universitas Negeri Surabaya
  • Dian Novita Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v13n3.p192-198

Keywords:

E-LKPD, Inkuiri Terbimbing, Liveworksheet, Kesetimbangan Kimia

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang menitik beratkan pada pengembangan soft skills seperti keterampilan sains. Pembelajaran keterampilan sains khususnya pada jenjang SMA masih kurang diminati dan masih terkesan menjadi pembelajaran yang sulit.peningkatan pembelajaran kimia sangat penting untuk  mengatasi  kesulitan pemahaman materi, khususnya dengan materi kesetimbangan kimia. Penggunaan media pembelajaran yang tepat seperti E-LKPD inkuiri terbimbing merupakan salah satu solusi atau inovasi untuk permasalahan ini. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran E-LKPD Inkuri terbimbing berbasis liveworksheet pada materi kesetimbangan kimia di MAN 1 Mojokerto.Desain pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) Subyek penelitian terdiri 20 siswa SMA. Hasil validitas dilihat dari beberapa faktor, seperti penyajian, bahasa, desain, dan kelayakan isi yang memiliki modus skor ≥3 sehingga dinyatakan valid. Sedangkan untuk kepraktisan diperoleh dari angket respon dengan tingkat kepraktisan sebesar 95,45%, nilai ini termasuk dalam kategori sangat praktis. Keefektifan E-LKPD inkuiri terbimbing dapat dilihat dari hasil uji T-test dari keterampilan peserta didik yang memiliki nilai probabilitas <0,05 yang dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan dari keterampilan peserta didik di MAN 1 Mojokerto.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mukrima, Wahira, dan Basri, S. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 3 Pinrang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, pp. 1‒9.

Anwar, Y. A. S., Al Idrus, S. W., Sukib, S., Muti’ah, M., dan Junaidi, E. 2019. Isolasi Enzim dari Bahan Alam untuk Meningkatkan Sikap Siswa Terhadap Kimia di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, Vol. 2, No. 3, pp. 391‒395.

Nurliani, Sartika, R. P., dan Hadi, L. 2018. Deskripsi Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sungai Raya Pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 7, No. 7, pp. 1–13.

Devi, R. M., Budiarso, A. S., dan Wahyuni, S. 2022. Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Eduscience, Vol. 9, No. 2, pp. 405–417.

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., dan Zulandri, Z. 2021. Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, Vol. 4, No. 2, pp. 25–30.

Kholisoh, N., Nulhakim, L., dan Berlian, L. 2024. Pengembangan E-Lkpd Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Pemanfaatan Gelombang Dalam Kehidupan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, Vol. 6, No. 1, pp. 272–281.

Jannah, R. 2017. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inkuiry) Disertai Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN Linggo Sari Baganti. Natural Science Journal, Vol. 3, No. 1, pp. 342–349.

Riduwan. 2016. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Lutfi, A. 2021. Research and Development (R&D): Implikasi dalam Pendidikan Kimia. Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Unesa.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta.

Wahab, A., Junaedi, J., dan Azhar, M. 2021. Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, Vol. 5, No. 2, pp. 1039–1045.

Sujana, I. W. 2019. Fungsi dan Tujuan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidian Dasar, Vol. 4, No. 1, pp. 29–3.

Ulya, I. dan Rusmini, R. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi. PENDIPA Journal of Science Education, Vol. 6, No. 3, pp. 695–703.

Rahmawati, A. dan Yonata, B. 2019. Pengembangan E-LKPD Inkuiri Terbimbing Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Kesetimbangan Kimia. Unesa Journal of Chemical Education, Vol. 8, No. 2, pp. 15–22.

Hake, R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. Measurement and Reasearch Methodology. USA: Indiana University.

Downloads

Published

2024-08-21

Issue

Section

Articles
Abstract views: 158 , PDF Downloads: 119