IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA MADRASAH ALIYAH SWASTA DI KOTA PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v13n3.p251-257Keywords:
identifikasi, kesulitan pada praktikum kimia, madrasah aliyahAbstract
Tujuan dari identifikasi permasalahan pada peserta didik adalah sebagai upaya untuk menemukan penyebab masalah yang dialami siswa saat melakukan praktikum. Riset ini dilaksanakan di enam sekolah Madrasah Aliyah Swasta di Kota Pekanbaru dengan menggunakan metode survei, pendekatan kualitatif, dan rancangan penelitian dengan Cross-sectional Survey Design. Populasi penelitian melibatkan sejumlah 137 siswa yang dipilih melalui metode random sampling. Instrumen yang dipakai mencakup observasi, kuesioner, serta melakukan wawancara dengan siswa dan guru guna memperkuat data yang telah dikumpulkan. Indikator penyebab kesulitan internal dalam kegiatan praktikum kimia mencakup motivasi, minat, perhatian, kesehatan, keterampilan praktis yang lemah, serta pemahaman konsep yang kurang, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Faktor eksternal yang berkontribusi terhadap kesulitan tersebut meliputi sarana dan prasarana yang tidak memadai, kualitas pengajaran guru, serta kurikulum yang kurang sesuai. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan dukungan kepada sekolah dan guru dalam mengatasi kendala yang muncul dalam proses pembelajaran kimia berbasis praktikum di Madrasah Aliyah.
Downloads
References
Sasongko, A. 2020. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia melalui Praktikum Titrasi di SMA Negeri 5 Balikpapan. Cendekia J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 76, doi: 10.32503/cendekia.v2i2.891.
Kurniawati, Y. 2018. Analisis Kesulitan Penguasaan Konsep Teoritis dan Praktikum Kimia Mahasiswa Calon Guru Kimia. Konfigurasi J. Pendidik. Kim. dan Terap., vol. 1, no. 2, pp. 146, doi: 10.24014/konfigurasi.v1i2.4537.
Ardila, L. 2018. Topik Asam Basa Berbasis Green Chemistry.
Wati, C. R. 2021. Analisis Kendala dan Alternatif Solusi terhadap Pelaksanaan Praktikum Kimia di SMA Negeri se-Kabupaten Nagan Raya. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Marlan, 2020. Jurnal Manajer Pendidikan. J. Manajer Pendidik., vol. 14, no. 2.
Damayanti, N. K. A., Maryam, S. dan Subagia, I. W. 2019. Analisis Pelaksanaan Praktikum Kimia. J. Pendidik. Kim. Undiksha, vol. 3, no. 2, pp. 52, doi: 10.23887/jjpk.v3i2.21141.
Wati, C. R. 2021. Analisis Kendala dan Alternatif Solusi terhadap Pelaksanaan Praktikum Kimia di SMA Negeri se-Kabupaten Nagan Raya, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Mezia, A., Cawang, dan Kurniawan, A. D. 2018. Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia Siswa Kelas XB SMA Negeri 1 Siantan Kabupaten Mempawah. Jurnal Universitas Muhammadiyah Pontianak, Vol. 6, No. 2, pp. 35–40.
Ilhamdi, M. L., Sukib, S., dan Ardhuha, J. 2020. Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Kegiatan Praktikum di Laboratorium. J. Pijar MIPA, vol. 15, no. 2, pp. 188–191, doi: 10.29303/jpm.v15i2.1900.
Sanjiwani, N., Muderawan, I., dan Sudiana. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 2 Banjar. J. Pendidik. Kim. Undiksha, vol. 2, no. 2, p. 75, doi: 10.23887/jjpk.v2i2.21170.
Priliyanti, A., Muderawan, I. W. dan Maryam, S. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mempelajari Kimia Kelas XI. J. Pendidik. Kim. Undiksha, vol. 5, no. 1, pp. 11–18.
Iswara, W. H., Muntari, Rahmawati, dan Loka, N. 2021. Identifikasi Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Narmada selama Pandemi COVID -19. Chem. Educ. Pract., vol. 4, no. 3, pp. 243–249.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

