HUBUNGAN KEGIGIHAN AKADEMIK DAN ASPIRASI KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF KIMIA BERDASARKAN PEMODELAN PERSAMAAN STRUKTURAL

Authors

  • Fatihatur Rizqiyah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Hari Sutrisno Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v13n3.p238-250

Keywords:

Kata kunci: Aspirasi Kimia, Hasil Belajar Kognitif Kimia, Kegigihan Akademik, SEM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model jalur dan model SEM tentang hubungan antara kegigihan akademik dan aspirasi kimia dengan melibatkan dimensi-dimensinya terhadap hasil belajar kognitif kimia pada siswa SMA. Penelitian kuantitatif dengan metode survei dilakukan pada sampel siswa SMA yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa skala kegigihan akademik, skala aspirasi kimia, dan soal tes kognitif. Data diolah menggunakan teknik pemodelan statistik SEM (Structural Equation Modelling) dengan program AMOS. Model analisis jalur terbaik menunjukkan bahwa kegigihan akademik berpengaruh langsung terhadap hasil belajar kognitif kimia serta aspirasi kimia berkorelasi dengan kegigihan akademik dan membentuk pengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar kognitif kimia melalui kegigihan akademik. Model SEM terbaik menunjukkan bahwa kegigihan akademik berpengaruh langsung terhadap hasil belajar kognitif kimia dengan dimensi tangguh sebagai penyumbang efektif terbesar serta aspirasi kimia berkorelasi dengan kegigihan akademik dan membentuk hubungan dengan pengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar kognitif kimia melalui kegigihan akademik dengan dimensi efikasi diri menjadi penyumbang efektif terbesar. Berdasarkan hasil penelitian ini, kegigihan akademik dan aspirasi kimia berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif kimia yang didapat siswa. Oleh karena itu, pendidik berperan dalam meningkatkan kegigihan akademik dan aspirasi kimia siswa melalui penerapan metode dan strategi dengan bantuan media yang tepat dalam proses pembelajaran kimia agar siswa memperoleh hasil belajar kognitif kimia yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Skagen, D., McCollum, B., Morsch,L., & Shokoples, B. (2018). Developing communication confidence and professional identity in chemistry through international online collaborative learning. Chemistry Education Research and Practice, 19(1), 567-582. https://doi.org/10.1039/c7rp00220c

Priliyanti, A., Muderawan, I., & Maryam, S. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa dalam mempelajari kimia kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11-18. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32402

Fajrin, S., Haetami, A., & Marhadi, M. (2020). Identifikasi kesulitan belajar kimia siswa pada materi pokok larutan asam dan basa di kelas XI IPA 2 SMA negeri 1 wolowa kabupaten buton. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 5(1), 27-34.

Wardani, S., Widodo, A. T., & Priyani, N. E. (2009). Peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan keterampilan proses sains berorientasi problem-based instruction. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1), 391–399. https://doi.org/10.15294/jipk.v3i1.1271

Lee, S., & Sohn, Y. W. (2017). Effects of grit on academic achievement and career-related attitudes of college students in Korea. Social Behavior and Personality, 45(10), 1629–1642. https://doi.org/10.2224/sbp.6400

Sary, K., & Dina, D. (2023). Peningkatan keaktifan dan prestasi belajar kognitif siswa melalui penerapan media permainan monopoli pada materi ikatan kimia di SMA Negeri Surulangun. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 11(2), 10–19. https://doi.org/10.21831/jpms.v11i2.67348

Clark, K., & Malecki, C. (2019). Academic Grit Scale: Psychometric properties and associations with achievement and life satisfaction. Journal of School Psychology, 72(1), 49-66. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2018.12.001

Sari, A., & Royanto, L. (2019). Nilai prestasi sebagai moderator hubungan kegigihan dengan prestasi akademik. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 9(2), 91-100. https://doi.org/10.26740/jptt.v9n2.p91-100

Chairunnisa, W. O. C., Murtihapsari, M., & Larasati, C. N. (2021). Efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar kognitif peserta didik di SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(2), 75–82. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i2.38608

Sulistianingsih, D., Matulessy, A., & Rini, R. (2019). Efektivitas pelatihan efikasi diri untuk meningkatkan aspirasi karier remaja ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua. Personifikasi : Jurnal Ilmu Psikologi, 10(1), 13-27. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i1.6776

Ayu, M. N. K., Widarnandana, I. G. D., & Retnoningtias, D. W. (2022). Pentingnya perencanaan karier terhadap pengambilan keputusan karier. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 11(3), 341--350. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v11i3.7021

Ariyani, E. (2014). Pengaruh internal locus of control terhadap kematangan karir siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Motivasi, 2(1), 55–93.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188–201. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Arifin, A. A., & Ratnasari, S. (2017). Hubungan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan motivasi belajar siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(1), 77–82. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i1.9

Mamah, I. M., Ezeudu, F. O., Eze, J. U., Nnadi, U. U., Ezugwu, I. J., & Ugwuanyi, C. S. (2022). Grit As A Predictor Of Secondary School Students’ Science Academic Achievement In Enugu State, Nigeria: Implication For Educational Foundations. Webology, 19(3), 3327-3339.

Widayat, A., Giyono, & Rahmayanthi, R. (2015). Hubungan aspirasi melanjutkan ke perguruan tinggi dengan prestasi belajar kelas XII. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1–13.

Solimun, Fernandes, A., & Nurjannah. (2017). Metode statistika multivariat pemodelan persamaan struktural (SEM) pendekatan WarpPLS. Malang : UB Press.

Haryono, S., & Wardoyo, P. (2013). Structural equation modeling untuk penelitian manajemen menggunakan AMOS 18.00. Bekasi: PT. Intermedia Personalia Utama.

Avargil, S., Kohen, Z., & Dori, Y. J. (2020). Trends and perceptions of choosing chemistry as a major and a career. Chemistry Education Research and Practice, 21(2), 668-684. https://doi.org/10.1039/c9rp00158a

Hair, J., Black, W., Babin, B., & Anderson, R. (2019). Multivariate Data Analysis (8th ed.). United Kingdom: Cengage.

Bowman, N., Hill, P., Denson., & Bronkema, R. 2015. Keep on Truckin’ or Stay the Course? Exploring Grit Dimensions as Differential Predictors of Educational Achievement, Satisfaction, and Intentions. Social Psychological and Personality Science, 6(6), 639-645. https://doi.org/10.1177/1948550 615574300

Owusu, A., Larbie, E., & Bukari, C. 2020. Is Grit the Best Predictor of University Students’ Academic Achievement?. Journal of Education and Practice, 11(29), 73-82. https://doi.org/10.7176/jep/11-29-08

Lee, S., & Sohn, Y. 2017. Effects of grit on academic achievement and career-related attitudes of college students in korea. Social behavior and personality, 45(10), 1629–1642. https://doi.org/10.2224/sbp.6400

Oriol, X., Miranda, R., Oyanedel, J. C., & Torres, J. (2017). The role of self-control and grit in domains of school success in students of primary and secondary school. Frontiers in psychology, 8, 1716. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.01716

Khattab, N. 2015. Students’ aspirations, expectations and school achievement: what really matters?. British Educational Research Journal, 41(5), 731-748. https://doi.org/10.1002/berj.3171

Lam, K. K. L., & Zhou, M. (2019). Examining the relationship between grit and academic achievement within K‐12 and higher education: A systematic review. Psychology in the Schools, 56(10), 1654-1686. https://doi.org/10.1002/pits.22302

Credé, M., Tynan, M. C., & Harms, P. D. (2016). Much ado about grit: A meta-analytic synthesis of the grit literature. Journal of Personality and social Psychology, 113(3), 492. https://doi.org/10.1037/pspp0000102

Mason, H. D. (2018). Grit and academic performance among first-year university students: A brief report. Journal of Psychology in Africa, 28(1), 66-68. https://doi.org/10.1080/14330237.2017.1409478

Tang, X., Wang, M., Guo, J., & Salmela-Aro, K. (2019). Building grit: The longitudinal pathways between mindset, commitment, grit, and academic outcomes. Journal of Youth and Adolescence, 48, 850-863. https://doi.org/10.1007/s10964-019-00998-0

Sheldrake, R., Mujtaba, T., & Reiss, M. J. (2017). Science teaching and students’ attitudes and aspirations: The importance of conveying the applications and relevance of science. International Journal of Educational Research, 85, 167-183. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2017.08.002

Downloads

Published

2024-09-13

Issue

Section

Articles
Abstract views: 85 , PDF Downloads: 86