IMPLEMENTASI E-LKPD KOLOID BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING-STEM PADA MATERI SISTEM KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v13n3.p199-204Keywords:
e-LKPD, PBL-STEM, hasil belajar, berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem koloid dengan menerapkan e-LKPD berbasis PBL-STEM. Penelitian menggunakan metode desain one group pre-test post-test dengan melibatkan 35 siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kedamean. Instrumen penelitian meliputi lembar keterlaksanaan pembelajaran dan tes berupa pilihan ganda dan uraian. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran sangat baik dengan persentase 91,8%. Nilai rata-rata pre-test dan post-test hasil belajar adalah 52,3 dan 82,3, sedangkan nilai rata-rata pre-test dan post-test kemampuan berpikir kritis adalah 48,29 dan 79,71. Persentase N-gain untuk hasil belajar kategori sedang sebesar 25,7% dan kategori tinggi sebesar 74,3%. Persentase N-gain aspek berpikir kritis kategori sedang sebesar 25,7% dan kategori tinggi sebesar 74,3%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan e-LKPD berbasis PBL-STEM dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem koloid.
Downloads
References
Hamdani, A. D., Nurhafsah, N. dan S. Silvia, 2022. Inovasi Pendidikan Karakter dalam Menciptakan Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Guru., Vol. 3, No. 3, pp. 170–178.
Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., dan Farhan, M. 2023. Transformasi Pendidikan Abad 21 dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu., Vol. 7, No. 5, pp. 3309–3321.
Jaya, H. dan Hambali, M. 2023. Transformasi Pendidikan: Peran Pendidikan Berkelanjutan dalam Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Fakhrurrozi., Vol. 6, No. 4, pp. 2416–2422.
Thornhill-Miller, B., Camarda, A., Mercier, M., Burkhardt, J., Morisseau, T., Bourgeois-Bougrine, S., Vinchon, F., El Hayek, S., Augereau-Landais, M., Mourey, F., Feybesse, C., Sundquist, D., and Lubart, T. 2023. Creativity, Critical Thinking, Communication, and Collaboration: Assessment, Certification, and Promotion of 21st Century Skills for the Future of Work and Education. Jorurnal of Intelligence., Vol. 9, No. 3, pp. 1–32.
Yuzan, I. F. dan Jahro, I. S. 2022. Pengembangan e-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Bahasan Ikatan Kimia untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai., Vol. 2, No. 1, pp. 54–65.
Rohmatun, Y. 2010. Ensiklopedia Sistem Koloid dan Hidrokarbon. Semarang: ALPRIN.
Rahmila, R., Iriani, R., Kusasi, M. dan Leny. 2022. Pengembangan Media Poster Melalui Aplikasi Canva Bermuatan Etnosains Pada Meteri Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains., Vol. 13, No. 2, pp. 188–201.
Setyaningrum, S. W. D. dan Irsadi, A. 2023. Penerapan E-LKPD Materi Perubahan Lingkungan Berbasis Jelajah Alam Sekitar Berbantuan Qr Code Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Semnas Biologi., Vol. 11, pp. 200–205.
Gazali, F. dan Dasna, I. W. 2023. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Kimia: Sebuah Studi Literatur. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan., Vol. 5, No. 3, pp. 1403–1414.
Suryonegoro, B. M., Wuryastuti, M. L., dan Munahefi, D. N. 2024. Kajian Teori: Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbantuan MathCityMap untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model PjBL-STEAM Berorientasi Teori Belajar Bermakna pada Kebudayaan Jawa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika., Vol. 7, pp. 449–459.
Aprillianingrum, D. dan Wardani, K. W. 2021. Meta Analisis: Komparasi Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Basicedu., Vol. 5, No. 2, pp. 1006–1017.
Seibert, S. A. 2021. Problem-Based Learning: A Strategy to Foster Generation Z’s Critical Thinking and Perseverance. Teaching and Learning in Nursing., Vol. 16, No. 1, pp. 85–88.
Trullas, J. C., Blay, C., Sam, E., dan Pujol, R. 2022. Efectiveness of Problem-Based Learning Methodology in Undergraduate Medical Education: A Scoping Review. BMC Med Educ., Vol. 22, No. 104, pp. 1–12.
Zuliatin, Q., Fatayah, F. dan Yuliana, I. F. 2022. Pengebangan E-LKPD Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada MAteri Struktur Atom. UNESA Journal of Chemical Education., Vol. 11, No. 3, pp. 195–202.
Wahdaniyah, N., Agustin, R., dan Tukiran, 2023. Analysis of Effectiveness PBL-STEM to Improve Student’s Critical Thinking Skills. IJORER: Internasional Journal of Recent Educational Research., Vol. 4, No. 3, pp. 365–382.
Parenta, Y., Maskuri, M., dan Saputro, S. 2022. Literature Study: Application of PBL-STEM on Simple Machine Topic to Improve Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA., Vol. 8, No. 2, pp. 674–680.
Arisa, S. dan Sitinjak, D. S. 2022. Implementation of the STEM-PBL Approach in Online Chemistry Learning and its Impact on Students’ Critical Thinking Skills., Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, Vol. 6, No. 2, pp. 88–96.
Koerniawati, T. 2023. Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TeAssInd): Berbantu LKPD untuk Pemecahan Masalah Jarak pada Ruang Dimensi Tiga. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Febrianto, T., Ngabekti, S., dan Saptono, S. 2021. The Effectiveness of Schoology-Assisted PBL-STEM to Improve Critical Thinking Ability of Junior High School Students. Journal of Innovative Science Education., Vol. 10, No. 2, pp. 222–229.
Wicaksono, A. 2022. Metodologi Penelitian Pendidikan Pengantar Ringkas. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.
Hake. 1999. Analyzing charge Gain scores. America Educational Research Association’s Division, Measurrement and Research Methodology.
Riduwan. 2017. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Prihandono, T., Supriyono, A., Meilina, I. L. dan Ernasari. 2023. Penerapan E-LKPD Interaktif berbasis Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheets untuk Meningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika., Vol. 12, No. 3, pp. 114–126.
Sukendra, I. K., Juwana, D. P., dan Surat, I. M. 2023. Pengembangan E-LKPD dengan Aplikasi Geomath Room dalam Media Pembelajaran Berbasis STEM pada Ruang Tiga Dimensi. in SANTIMAS: Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat., pp. 1–9.
Ayirahma, R. M. dan Muchlis, 2023. Pengembangan E-LKPD Berorientasi Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Indonesia., Vol. 4, No. 6, pp. 675–683.
Ritonga, S. dan Zulkarnaini, 2021. Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran., Vol. 4, No. 1, pp. 75–81.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

