ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE (SSI) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Authors

  • Haura Fadila Zamri UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Yuni Fatisa UIN sultan Syarif Kasim Riau
  • Lisa Utami Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v14n1.p66-72

Keywords:

berpikir kreatif, Problem Based Learning, Larutan Penyangga

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan pembelajaran abad ke-21 yang mengharuskan siswa memiliki berbagai keterampilan, diantaranya kemampuan berpikir kreatif. Namun, dalam mengembangkan ide kemampuan berpikir kreatif siswa masih terbatas karena cenderung mengandalkan informasi dari buku dan ponsel. Model pembelajaran yang dipakai untuk memunculkan kemampuan berpikir kreatif adalah Problem Based Learning (PBL) berbasis Socioscientific Issues (SSI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model PBL-SSI pada materi larutan penyangga. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis pre-eksperimental dan desain one-shot case study. Sampel dipilih menggunakan tekhnik cluster sampling, dengan kelas XI MIPA 5 sebagai sampel penelitian yang terdiri dari 34 siswa. Data kemampuan berpikir kreatif siswa diambil melalui tes esai dan observasi yang dianalisis untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil tes esai menunjukkan bahwa indikator berpikir orisinal memiliki persentase terendah dengan kategori cukup sebesar 59,5%, diikuti oleh indikator berpikir lancar dengan kategori baik sebesar 66,2%, berpikir rinci dengan kategori baik sebesar 73,5%, dan berpikir luwes dengan kategori baik sebesar 79%. Dengan demikian, model PBL-SSI terbukti efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, khususnya indikator berpikir luwes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatmawati, B., Jannah, B. M., and Sasmita, M. 2022. Students’ Creative Thinking Ability Through Creative Problem Solving based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, Vol. 8, No. 4, pp. 2384–2388.

Anggraito, Y. U., Ridlo, S., and Harahap, F. 2023. STEM- PjBL Learning: The Impacts on Students’ Critical Thinking, Creative Thinking, Communication, and Collaboration Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, Vol. 9, No. 7, pp. 1–4.

Paul, R. and Elder, L. 2008. Critical & Creative Thinking.

Busnawir. 2023. Pengukuran Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. Kendari: Adanu Abimata.

Zulkarnaen, Suhirman, Hidayat, S., Prayogi, S., Sarnita, F., Widia, Fathurrahmaniah, Fauzi, A., Ramdhani, L., and Verawati, N. N. S. P. 2022. The Effect of Problem Based Learning Model on Students’ Creative Thinking Ability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, Vol. 8, No. 1, pp. 379–382.

Hagi, N. A. and Mawardi, M. 2021. Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3, No. 2, pp. 463–471.

Sulastri, E., Supeno, and Sulistyowati, L. 2022. Implementasi Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 4, No. 4, pp. 5883–5890.

Harta, J. 2019. Analisis Keterampilan Metakognitif Mahasiswa dalam Mengkaji Implementasi Kurikulum Kimia di SMA melalui Project Based Learning. JRPK Jurnal Riset Pendidikan Kimia, Vol. 9, No. 2, pp. 94–102.

Winarni, D. S., Nugraheni, D., and Khasanah. 2022. Analisis Penggunaan Pendekatan Socio-Scientific Issues (SSI) Di Perguruan Tinggi. Dharmas Education Journal, Vol. 3, No. 1, pp. 18–24.

Ayu, I. G., Hadinugrahaningsih, T., and Kartika, I. R. 2014. Analisis Kemampuan Komunikasi dan Kerjasama Siswa SMA Negeri 30 Jakarta melalui Metode Pembelajaran Projek Pada Materi Hidrokarbon Dan Minyak Bumi. JRPK Jurnal Riset Pendidikan Kimia, Vol. 4, No. 1, pp. 228–236.

Mulyadi, E. 2024. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Pada Materi Relasi dan Fungsi. J. Theorems (The Original Reasearch of Mathematics, Vol. 8, No. 2, pp. 371–382.

Zaiyar, M. and Rusmar, I. 2020. Students’ Creative Thinking Skill in Solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) Problems. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 11, No. 1, pp. 111–120.

Candra, R. A., Prasetya, A. T., and Hartati, R. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik melalui Penarapan Blended Project-Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 13, No. 2, pp. 2437–2446.

Kholifah, U., Muladi, M., and Yoto, Y. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi pada Penerapan Blended Project Based Learning Matakuliah Komunikasi Data dan Jaringan Komputer. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian, dan Pengembangan, Vol. 4, No. 3, pp. 338–345.

Wiwin and Warmi, A. 2024. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Materi SPLDV di Kota Karawang. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 13, No. 1, pp. 98–110.

Downloads

Published

2025-01-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 106 , PDF Downloads: 133