PENGEMBANGAN INSTRUMENTASI ASSESMEN PRA-AS-FOR-OF LEARNING PADA MATERI INTRODUCTION OF CHEMISTRY UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI CALON GURU PROFESIONAL ERA KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Hayuni Retno Widarti Universitas Negeri Malang
  • Raden Bambang Sumarsono Universitas Negeri Malang
  • Oktavia Sulistina Universitas Negeri Malang
  • Juwita Karina Pratiwi Universitas Negeri Malang
  • Richa Nan Maharani Universitas Negeri Malang
  • Deni Ainur Rokhim Universitas Negeri Malang, SMAN 3 Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v14n1.p22-28

Keywords:

assesmen, pra-as-for-of learning, introduction of chemistry

Abstract

Di era Kurikulum Merdeka,beberapa guru kurang mampu mengetahui kemampuan peserta didik sehingga tidak dapat memfokuskan lebih dalam pada bidang yang sesuai dengan kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan assesmen pra-as-for-of learning sebagai sarana calon guru profesional untuk mengembangkan keterampilan penelitian dan meningkatkan pemahaman terhadap asesmen di era Kurikulum Merdeka. Pada penelitian ini menerapkan metode penelitian Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE : Analysis (analisis), Design (Desain), Development (pengembangan), Implement (implementasi), dan Evaluate (evaluasi) yang hanya dilaksanakan hingga tahap development. Pengembangan ini menghasilkan produk berupa monograf asesmen pra-as-for-of learning pada materi intoduction of chemistry. Asesmen pra digunakan di awal pembelajaran, asesmen as digunakan sebagai refleksi pembelajaran yang mengusung penilaian diri dan teman sejawat, penilaian for digunakan untuk perbaikan hasil pembelajaran dan asesmen of digunakan untuk evaluasi akhir pembelajaran. Instrumen assesmen pra-as-for-of learning pada materi introduction of chemistry dikatakan layak digunakan dari hasil penilaian validasi konten sebesar 85,35%, validasi media sebesar 87,33% dan hasil uji keterbacaan sebesar 87,22%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, R., dan Mustika, D. 2023. Persepsi Guru terhadap Perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Aulad: Journal on Early Childhood, Vol. 6, No. 3, pp. 359–364.

Suryaman, M. 2020. Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, pp. 13–28.

Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., dan Adnyana, I. K. S. 2022. Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, Vol. 8, No. 2, pp. 238–244.

Azizah, N., Mufidah, Z., dan Maulaya, R. D. 2023. Pengembangan Asessmen Pembelajaran PAI pada Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2023, pp. 11–24.

Purwanto, A. T. 2022. Perencanakan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, Vol. 20, No. 1, pp. 75–94.

Anisah, G. 2021. Kerangka Konsep Assessment of Learning, Assessment for Learning, dan Assessment as Learning serta Penerapannya pada Pembelajaran. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, Vol. 3, No. 2, pp. 65–76.

Budiono, A. N., dan Hatip, M. 2023. Learning Assesment in the Independent Curriculum. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, Vol. 8, No. 1, pp. 109–123.

Rosana, D., Widodo, E., Setianingsih, W., dan Setyawarno, D. 2020. Pelatihan Implementasi Assessment of Learning, Assessment for Learning dan Assessment as Learning pada Pembelajaran IPA SMP di MGMP Kabupaten Magelang. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, Vol. 4, No. 1, pp. 71–78.

Barokah, M. 2019. Manajemen Penilaian Sumatif pada Ranah Kognitif Pembelajaran PAI Kelas X Semester Ganjil di SMA Negeri 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2017/2018. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 9, No. 2, pp. 160–179.

Direktorat Sekolah Dasar. 2020. Assesmen Diagnostik. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/asesmen-diagnostik. Diakses tanggal 29 Oktober 2024.

Damayanti, A. D., Jannah, A. N., dan Agustin, N. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 19 Sawangan. Prosiding SAMASTA : Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, pp. 41–48.

Syaifuddin, H. 2016. Tingkat Kesiapan Guru dalam Sistem Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran Produktif dengan Kurikulum 2013 Di SMK Negeri 1 Seyegan. E-JPTE : Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika, Vol. 5, No. 4, pp. 2–8.

Yulika, H., dan Hardeli. 2023. Pengembangan LKPD Hukum Dasar Kimia Berbasis Model Guided Inquiry Learning untuk Peserta Didik Fase E Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, Vol. 13, No. 4, pp. 1146–1152.

Downloads

Published

2025-01-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 90 , PDF Downloads: 56