MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI (PRACTICE STUDENT PROCESS SKILLS AT RATE OF REACTION INFLUENCE FACTORS SUBJECT WITH INQUIRY LEARNING MODEL)
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v3n1.p%25pAbstract
Model pembelajaran inkuiri adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Keterampilan proses siswa merupakan keterampilan fisik dan mental yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor yang dapat diaplikasikan dalam suatu kegiatan ilmiah. dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses memberi kesempatan kepada siswa agar terlibat secara aktif dalam pembelajaran sehingga timbul interaksi antara pengembanan ketrampilan proses dengan fakta, konsep serta prinsip ilmu pengetahuan, akan mengembangkan sikap dan nilai ilmuwan pada diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri untuk melatihkan keterampilan proses siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Tahapan yang dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran inkuiri dalam tiga kali pertemuan pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi pada subbab luas permukaan, suhu dan konsentrasi. Observasi terhadap keterampilan proses siswa dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan diperoleh peningkatan persentase pada tiga kali pertemuan secara berturut-turut sebesar 35,48%, 70,88% dan 84,90%. Sehingga model pembelajaran inkuiri dapat melatihkan keterampilan proses siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Kata kunci: Model pembelajaran inkuiri, Keterampilan proses siswa, Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Inquiry learning model is learning activities which hold to the critically thinking process skills to look for and found the answer of the problem. Student process skills is the physical and thinking skills include cognitive, affective and psicomotor skills applied in a natural research activities. However, learning activities with process skills give student chance to include in active learning process, so there many interaction come between process skills and the fact, concept and principal knowledge, which explore a scientist attitude and value in student self. The aim of this research is to know the implementation of inquiry learning model to practice student process skills at rate of reaction influence factors subject. The phase to do this research is practice inquiry learning model in three times gathering in rate of reaction influence factors subject (surface area, temperature and concentration of reactant). Observation of student process skills doing in learning process happen and obtained the increase of student process skills percentage in three times gathering in a row with value 35,48%, 70,88% and 84,90%. So, the implementation of inquiry learning model can practice the student process skills at rate of reaction influence factors subject.
Keywords: inquiry learning model, Student process skill, Rate of reaction influence factors subject
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

