DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v3n1.p%25pAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpendapat siswa selama pembelajaran berlangsung dan juga ketuntasan belajar siswa setelah pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) pada materi laju reaksi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian preeksperimen atau eksprimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah “One Shot Case Study”. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-1 SMAN 17 Surabaya pada semester 1 tahun ajaran 2013-2014 yang berjumlah 37 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengamati keterampilan berpendapat siswa adalah lembar pengamatan keterampilan berpendapat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi berpendapat untuk pertemuan pertama sampai dengan pertemuan keempat secara berturut-turut siswa yang mendapatkan predikat kurang baik sebesar 35,14%; 8,11%; 0% dan 0%. Sedangkan siswa yang mendapatkan predikat cukup baik sebesar 62,16%; 81,08%; 45,95% dan 24,32%. Siswa yang mendapatkan predikat baik sebesar 2,70%; 10,81%; 54,05% dan 75,68%. Ketuntasan hasil belajar klasikal siswa sebesar 94,6%.
Kata kunci: Keterampilan Komunikasi, Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments, Laju reaksi
This study aims to determine the student’s giving opinion skills during the learning and mastery learning students after learning with the implementation of cooperative learning model Teams Games Tournaments ( TGT ) on the reaction rate material. This type of research is a pre experimental that use " One Shot Case Study" design. The subjects were students of XI grade science-1 of SMAN 17 Surabaya in the first semester of school year 2013-2014, with 37 students. The instrument used to observe the giving opinion skill is arguing observation sheet The results of this study shows that the giving opinion skills of students at the meeting from 1 to 4 the number of students meeting the criteria for a good gain in a row there is a change in the number of students who achieved the poor by 35,14%; 8,11%; 0% and 0%. While the students who achieved the quite good at 62,16%; 81,08%; 45,95% and 24,32%. Students who earn a good rating of 2,70%; 10,81%; 54,05% dan 75,68%. Completeness classical learning outcomes of students by 94.6%.
Key words: Communication Skills , Cooperative type Teams Games Tournaments (TGT), Reaction Rate
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

