KETERAMPILAN BERPENDAPAT SISWA KELAS XI SMA IPIEM SURABAYA MELALUI MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DAN METODE DISKUSI KELAS PADA MATERI POKOK ASAM BASA(THE STUDENTS’ GIVING OPINION SKILLS IN XI GRADE OF SMA IPIEM SURABAYA BASED ON DIRECT INSTRUCTION MODEL ANDCLASSROOM DISCUSSION METHOD IN ACID BASE)

  • SUCI KARTIKA SARI EKA PRATIWI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpendapat siswa selama pembelajaran berlangsung dan juga ketuntasan belajar siswa setelah pembelajaran melalui penerapan model pengajaran langsung dan metode diskusi kelas pada materi pokok asam basa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian preeksperimen atau eksprimen  semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah “One Shot Case Study”. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-1 SMA IPIEM Surabaya pada semester 2 tahun ajaran 2013-2014 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengamati keterampilan berpendapat siswa adalah lembar pengamatan keterampilan berpendapat dan sebagai data pendukung analisis keterampilan berpendapat juga dilakukan pengamatan terhadap aktivitas komunikasi siswa dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas komunikasi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berpendapat pada pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 4 jumlah siswa yang mendapatkan predikat sangat buruk dan buruk 0%. Siswa yang mendapatkan predikat baik pada pertemuan 1 sampai pertemuan 4 beruturut-turut sebanyak 28%, 66%, 63% dan 78%. Siswa yang mendapatkan predikat sangat baik pada pertemuan 1 sampai pertemuan 4 berturut-turut adalah  72%, 34%, 37% dan 22%.Keterampilan berpendapat pada penelitian ini telah tuntas karena lebih dari 75% siswa mendapatkan nilai baik dan sangat baik. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada pertemuan 1, 2, 3, dan 4 sebesar 100%. 

Kata kunci: Keterampilan Berpendapat, Pengajaran Langsung, Diskusi Kelas

The aims of study are to determine the students’ giving opinion skills during the learning and mastery learning students after learning trhough the implementation of direct instruction model and classroom discussion method in acid base. The type of this research was preexperiment reasearch and design research was “One Shot Case Study”. The subjects were students of XI Science-1 grade SMA IPIEM Surabaya as many as 32 students in the 2st semester 2013-2014 school year. The instrument which was used to observe giving opinion skills students were giving opinion skills observation sheet. For mastery of students learning outcomes were measured using a sheet test for students learning outcomes. The results of this study showed that the skills of giving opinion dominantgetting good and verygood predicate. The skills of giving opinion at the 1st to 4th meeting, as many as 0% students getting very bad and bad predicate, as many as 28%, 66%, 63% and 78% student getting good predicate, as many as 72%, 34%, 37% and 22% students getting very good predicate.The giving opinion skill students are completly because more than 75% getting good predicate and very good predicate. Completeness classical learning outcomes of students at the meeting 1, 2, 3 and 4 equal to 100%.

Key words: Giving Opinion Skills,Direct Instruction, Classroom Discussion.



Published
2014-06-04
Abstract Views: 118
PDF Downloads: 148