IMPLEMENTASI PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN METAKOGNITIF PADA MATERI POKOK REAKSI REDUKSI-OKSIDASI (IMPLEMENTATION PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) FOR PRACTICE STUDENT METACOGNITIVE SKILL ON REDUCTION-OXIDATION MATERIAL)

  • NUR RAHMAWATI T.P

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melatihkan keterampilan metakognitif siswa setelah diterapkan Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada materi Reaksi Reduksi-Oksidasi. Desain penelitian ini menggunakan “One-shot Case Study”, sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar soal tes yang terintegrasi dalam keterampilan metakognitif  (planning, monitoring dan evaluation skill) dan Metacognitive Awareness Inventory (MAI) sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata  keterampilan metakognitif siswa setelah penerapan POGIL pada planning skill  sebesar 11,86; monitoring skill sebesar 8,53 dan evaluation skill sebesar 7,1. Secara keseluruhan keterampilan metakognitif siswa yang paling baik adalah planning skill. Hal tersebut juga didukung oleh hasil MAI dengan prosentase 79,23% untuk planning skill, 75,52% untuk monitoring skill dan 71,44% untuk evaluation skill.

Kata kunci:Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Keterampilan Metakognitif, Reaksi Reduksi Oksidasi

The aim of this study is to practice student metacognitive skill after implementation of  Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) on Reduction-Oxidation Reaction subject matter.  The design of this study is using “One-shot Case Study”. While the instrument used question paper test which integrated in metacognitive skill (planning, monitoring and  evaluation skill) and Metacognitive Awareness Inventory (MAI) as supported data. Result of this study are showed the average of metacognitive skill after implementation POGIL in planning skill is 11,86; monitoring skill is 8,53 and evaluation skill is 7,1. Classically, the best of student metacognitive skill is planning skill. It’s supported by MAI result with percentage 79,23% for planning skill, 75,52% for  monitoring skill and then  71,44% for evaluation skill.

Keywords:Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Metacognitive Skill, Reduction-Oxidation Reaction 

 


Published
2014-06-05
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 111