KETERAMPILAN KERJASAMA SAAT DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI ASAM BASA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN  KOOPERATIF DI SMA KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA (GROUP DISCUSSION’S COOPERATION SKILL OF THE STUDENT XI SCIENCE CLASS ON ACID BASE MATERIALS WITH THE IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL IN SMA KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA)

  • NADIA SIWI HAPSARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan kerjasama dalam diskusi kelompok pada materi asam basa dan hasil belajar siswa. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Rancangan penelitian menggunakan “One shoot case study”. Metode pengumpulan data keterampilan kerjasama saat diskusi kelompok melalui pengamatan menggunakan lembar pengamatan dan data hasil belajar melalui tes hasil belajar menggunakan lembar tes hasil belajar dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) keterampilan kerjasama dalam diskusi kelompok dari pertemuan ke-1, ke-2, dan ke-3 diperoleh persentase jumlah siswa yang mendapat kategori A sebesar 55,26%; 55,26%; 73,68%. Persentase jumlah siswa yang mendapat kategori B sebesar 26,32%;39,47%; 26,32%. Persentase jumlah siswa yang mendapat kategori C sebesar 15,79%; 5,26%; 0%. Persentase jumlah siswa yang mendapat kategori D sebesar 2,63%; 0%; 0%. (2) ketuntasan hasil belajar klasikal siswa pada pertemuan ke-1, ke-2, dan ke-3 secara berturut-turut sebesar 94,7%; 81,6%, dan 84,2%, sehingga ketuntasan klasikal siswa rata-rata sebesar 87,7%.

Kata Kunci: Keterampilan Kerjasama Saat diskusi kelompok, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Asam Basa Kelas XI 

The aims of the research are to know cooperation skills in group discussion’s on acid base materials and student learning outcomes. Objectives of this study is the students XI science class in SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. The design of this study using the “one shoot case study”. Data collection methods for student’s cooperation skill in group discussion through observation using observation sheet and the results of data through the test using students outcomes learning sheet and analyzed in a descriptive study. These result indicate that (1) cooperation skills in group discussion’s in meetings 1st, 2nd, 3rd, percentage student who get A category are 55,26%; 55,26%; 73,68%. Percentage student who get B category are 26,32%;39,47%; 26,32%. Percentage student who get C category are 15,79%; 5,26%; 0%. Percentage student who get D category are 2,63%; 0%; 0%. (2) the classical learning outcome at the meetings 1st, 2nd, and 3rd with 94,7%; 81,6%, and 84,2%, so classical learning outcome’s average is 87,7%.

 Keyword: Group Discussion’s Cooperation Skill, Cooperative Learning Model STAD Type, Acid Base In XI Class

Published
2014-06-05
Abstract Views: 552
PDF Downloads: 752