IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK DAN LEVEL METAKOGNITIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KIMIA PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI IPA (IDENTIFICATION OF STUDENTS’ CHARACTERISTIC AND LEVEL METACOGNITIVE ON SOLVING CHEMISTRY PROBLEMS ON ACID BASE MATERIAL  IN XI IPA 1 CLASS)

  • BLESTY NOVELA SHOLIH

Abstract

Metakognitif berperan sangat penting dalam pembelajaran karena terdapat pengetahuan dan kesadaran berpikir seseorang tentang aktivitas kognitifnya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik metakognitif siswa dalam memecahkan masalah kimia pada materi  asam basa sehingga dapat menentukan level metakognitif siswa dalam memecahkan masalah.  Penelitian ini dilaksanakan di MAN Lamongan dengan subjek penelitian sebanyak 9 siswa (subjek B1, B2, B3, N1, N2, N3, S1, S2, dan S3) dari kelas XI IPA 1 yang telah dikelompokkan menjadi kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif sehingga data yang diperoleh berupa hasil tes uraian dan transkip wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah karakteristik metakognitif pada kelompok tinggi melakukan aktivitas perencanaan, pemantauan dan evaluasi sehingga memiliki level metakognitif reflective use. Sedangkan karakteristik metakognitif pada kelompok sedang dan rendah melakukan aktivitas perencanaan dan pemantauan sehingga memiliki level metakognitif strategic use untuk kelompok sedang dan aware use untuk kelompok rendah.

Kata kunci: karakteristik dan level metakognitif, asam basa 

The role of  metacognition very importan   in learning  proses because there is knowledge and consciousness think someone about them selves cognitive. The purpose of this research was to describe students' metacognition characteristic in problem solving  chemistry in chapter acid base so it can determine the level of metacognitive student in problem solving. This study was conducted at MAN Lamongan with to96 students as subjects (subject B1, B2, B3, N1, N2, N3, S1, S2, and S2) of the class XI IPA 1 hat have been classified into high, medium, and low group. This research is a qualitative so that data of test results and interview transcripts described and tested using triangulation of methode and sources.The result are  characteristic  of metacognition  for high group  do planning, monitoring and evaluation so it have level  metacogniti is reflective use. When while characteristic  metacognition  for medium and low group do planning and monitoring so it have level  metacogniti is strategic use for medium group dan aware use for low group.

Key word: Characteristic  and level metacognition, acid base

 

 

Published
2014-06-05
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 51