PENGEMBANGAN PERMAINAN ATOMIC ADVENTURE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN STRUKTUR ATOM UNTUK SISWA KELAS X SMA DEVELOPMENT OF ATOMIC ADVENTURE GAME AS LEARNING MEDIA ON (THE SUBJECT ATOMIC STRUCTURE FOR STUDENT X GRADE SENIOR HIGH SCHOOL)

  • DEWI QURROTA A.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan permainan Atomic Adventure sebagai media pembelajaran pada materi struktur atom siswa kelas X SMA. Permainan dikembangkan menggunakan metode penelitian R&D. Kelayakannya dievaluasi melalui validasi dan respon siswa yang didukung dengan observasi aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Atomic Adventure layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan validasi kesesuaian format media 90%, kualitas tampilan media 88,57%, hasil respon siswa terhadap permainan sebesar 87,08% yang didukung dengan respon positif aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan permainan Atomic Adventure.

Kata Kunci: struktur atom, permainan Atomic Adventure, pengembangan.

The purpose of this study is to determine the feasibility of Atomic Adventure game as media of chemistry learning in the subject atomic structure for student X grade senior high school. Game developed use R&D method. The feasibility evaluated with validity and students’ responds. The result of this research shows that the developed game is suitable to be used as media of chemistry learning with compatibility of media format 90%, quality of appearance media 88,57%, and the result of students’ responds is 87,08% which support by positive respond of student’s activities and result of student learning test increased after using Atomic Adventure game.

Keywords: atomic structure, Atomic Adventure game, development.  

Published
2014-06-05
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 29