PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL JAMURAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TATA NAMA SENYAWA DI KELAS X SMA (THE DEVELOPMENT TRADISIONAL GAMES OF JAMURAN AS LEARNING MEDIA ON COMPOUND’S NOMENCLATURE  FOR X CLASS IN SENIOR HIGH SCHOOL) 

  • INDAH SUSI SUSANTI

Abstract

 

  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas permainan tradisional Jamuran yang dikembangkan sebagai media pembelajaran pada Tata Nama Senyawa. Kelayakan tersebut ditinjau dari beberapa kriteria yaitu kriteria kesesuaian materi, kejelasan media, persyaratan permainan pendidikan, kebahasaan. Sedangkan efektivitas tersebut, ditunjukkan dari hasil observasi aktifitas siswa dan respon siswa, serta hasil belajar. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dan  untuk pemilihan media menggunakan ASSURE. Penelitian dan pengembangan permainan Jamuran dilakukan melalui dua tahap penelitian yaitu: tahap studi pendahuluan dan tahap studi pengembangan. Sehingga didapatkan draft rancangan yang selanjutnya direvisi, divalidasi dan diujicobakan ditahap pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Jamuran pada bahasan Tata Nama Senyawa layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kelayakan tersebut, ditunjukan dari hasil persentase penilaian rata-rata sebesar 85% berdasarkan kriteria kesesuaian materi, penyajian, persyaratan permainan pendidikan dan kebahasaaan. Sedangkan efektivitas permainan tersebut, ditunjukkan dari hasil observasi aktifitas siswa persentase rata-rata sebesar 91,25% dan didukung data hasil angket respon siswa dengan persentase yang didapatkan sebesar 97,1%, serta terdapat peningkatan ketuntasan belajar klasikal sebesar 45%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa permainan Jamuran layak & efektif digunakan sebagai media pembelajaran Tata Nama Senyawa di kelas X SMA.

Kata kunci: Permainan Tradisional Jamuran, Tata Nama Senyawa

The purpose of this study is to determine the feasibility and efectivity games traditional of Jamuran which developed as a learning media of compound’s nomenclature. The feasibility of this media was evaluated with several criterias: material suitability criteria, presentation, educational games requirements, and language criteria. For the efectivity is showed  from the observation of student activities and student responses, as well as learning outcomes. Type of study that used is a Research and Development (R & D) & ASSURE model as a guideness procedure to select the media. Research and development media of Jamuran is done by two-stage they are: the preliminary study and the developing’s stage. So the draft plan that gotten is revised, validated, and tested in the development stage subsequently. The results showed that games media of Jamuran on the subject compound’s nomenclature feasibility and efectivity  as learning media. The feasibility  is showed from the percentage’s result of the average evaluation of 85% based on material suitability criteria, presentation, educational games and linguistic requirements. For the efectivity is showed of the observation’s result of  students activity is 91.25% and the data supported by the results of questionnaire responses who obtained a score  97.1%, and the completeness of classical learning is increase as much as 45%. According to this result, it can be concluded that game Jamuran is feasible and efective to be used as learning media in compound’s nomenclature for X class SMA.

 

Key words: Games Media Of Jamuran, Compound’s Nomenclature

Published
2014-06-05
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 223