PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEDUKTIF DENGAN STRATEGI PETA KONSEP DALAM UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBUAT PETA KONSEP PADA MATERI ASAM DAN BASA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 SIDOARJO IMPLEMENTATION DEDUCTIVE LEARNING MODEL WITH CONCEPT MAP STRATEGY  IN IMPROVEMENT UNDERSTANDING CONCEPTSAND THE ABILITY TO MAKE CONCEPT MAP OF STUDENT GRADE XI SCIENCE ON ACID BASE MATTER IN SMA NEGERI 2 SIDOARJO

  • ANISYAH DASA ASTARINA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa, dan kemampuan siswa membuat peta konsep menurut Novak. Sasaran penelitian yaitu kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Sidoarjo. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “One group pretest posttest design”. Metode pengumpulan data melalui metode observasi dan metode tes hasil belajar domain kognitifserta tes penilaian peta konsep. Instrumen yang digunakan pada penelitian yaitu lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar, lembar tes penilaian peta konsep Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata peningkatan pemahaman konsep siswa berturut-turut pada pertemuan I, II, III yang diketahui melalui analisis N-Gain adalah 0,8; 0,8; 0,9 dengan kategori peningkatan tinggi pada ketiga pertemuan. Rata-rata peningkatan kemampuan siswa membuat peta konsep yang diketahui melalui analisis N-Gain pada pertemuan I, II, III berturut-turut adalah 0,6; 0,8; 0,8 dengan kategori peningkatan sedang; tinggi; dan tinggi. Peningkatan pemahaman konsep, dan peningkatan kemampuan siswa dalam membuat peta konsep didukung aktivitas siswa yang meningkat pada aspek mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru berturut-turut adalah 20.1%; 20.7%; 23.7%, aspek mengajukan pendapat 18.2%; 21.9%; 21.9%, mendefinisikan konsep 4.6%; 4.5%; 5.1%, diskusi yang relevan dengan kegiatan belajar mengajar 7.9%; 10.5%; 11.0%, perilaku yang tidak relevan seperti bersenda gurau, dan mengganggu konsentrasi teman berkurang 7.8%; 7.1%; 5.3%.

Kata kunci    : Model pembelajaran deduktif, Pemahaman konsep, dan  Strategi peta konsep.

This study aims to determine studentsunderstanding concept, and the students ability to make concept maps according to Novak. Target research are class XI Science SMAN 2 Sidoarjo. The study designused is "One group pretest posttest design". Collecting data methodthrough observation and learning outcomes test in the cognitive domainand concept maps test. The instruments observation sheets used observations ofstudent activity, sheets test for studentsconcept understanding and concept map assessment tests. The resultsindicate that the N-Gain average in students understanding concept in meeting I, II , III in a row are 0.8; 0.8; 0.9 with a high increase. N-Gain average ofstudent ability to create concept maps at meeting I, II, III in a row are 0.6 ; 0.8; 0.8  with category  medium; high; and high. Increased understanding concept, and studentsability to make a concept map supported by the students activity including pay attention on teacher explanation aspects on meeting I, II, III in a row are 20.1%; 20.7%; 23.9%. Argued aspect18.2%; 21.9%; 21.9%. Define the concept 4.6%; 4,5%; 5.1%, the relevant discussion among students with learning activities 7.9%; 10.5%; 11.0%, which is not relevant behaviors like joking, and distracting consentration 7.8%; 7.1%; 5.3%.

Keywords : Deductive learning models, Understanding concepts, and the Concept

map stategy.

 

Published
2014-06-05
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 340