PENERAPAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) MATERI KIMIA DI SMALB TUNARUNGU KEMALA BHAYANGKARI  2 GRESIK MELALUI PEMBELAJARAN LANGSUNG (APPLICATION OF STUDENT ACTIVITY SHEET  MATERIALS CHEMISTRY IN DEAF SMALB KEMALA BHAYANGKARI 2 GRESIK THROUGH LEARNING LIVE)

  • YULIATI DYAH EKA P

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan teknik eksperimen dan keterampilan dasar IPA selama dilakukan pembelajaranIPA dengan menggunakan LKS pada materi kimia(unsur, senyawa dan campuran) dan keterampilan teknik eksperimen menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan rancangan One Shot Case Study.  Jumlah subyek penelitian sebanyak empat siswa tunarungu SMALB Kemala Bhayangkari 2 Gresik. Penilaian keterampilan teknik eksperimen diperoleh dari tes kinerja, sedangkan keterampilan dasar IPA diperoleh dari hasil tes tulis.Hasil katerampilan teknik eksperimen dikerjakan dengan baik oleh semua siswa dengan nilai rata – rata mulai subyek 1 sampai subyek 4, secara berturut–turut adalah 96.78, 98.21,  96.42 dan 91.72.Hasil keterampilan dasar IPA dilakukan dengan sangat baik oleh semua siswa dengan nilai rata – rata dari enam jenis teknik eksperimen untuk setiap subyek mulai subyek 1 sampai subyek 4, secara berturut- turut adalah 84.16, 78.12, 73.26 dan 78.51.

Kata Kunci : SMALB Tunarungu, Keterampilan Dasar IPA dan Keterampilan teknik Eksperimen.

This study aims to determine the technical skills and basic skills science experiment for science learning is done by using the worksheets on chemical materials ( elements , compounds and mixtures ) using experimental techniques and skills learning model directly. This study used a design One Shot Case Study. The number of study subjects four deaf students SMALB Kemala Bhayangkari 2 Gresik. Skills assessment test experimental techniques derived from performance , while basic science skills gained from the written test .The results of the performance test experimental technique is done well by all students with grades - average of three tests for each subject ranging subjects 1 to 4 subjects , respectively were 84.16 , 78.12 , 73.26 and 78.51. The results of the basic skills of science done very well by all students with grades - average of six types of experimental techniques for each subject ranging subjects 1 to 4 subjects , respectively were 96.78 , 98.21 , 96.42 and 91.72 .

Keywords: SMALB Deaf, Skills Basic Skills Science and engineering experiments.

Published
2014-06-05
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 54