PENGEMBANGAN LKS BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SMA THE DEVELOPMENT OF CRITICAL THINKING SKILL ORIENTED STUDENT WORKSHEET OF CHEMICAL BONDING CHAPTER IN CLASS X OF SENIOR HIGH SCHOOL

  • MAFIDATUN NIMAH

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan LKS berorientasi keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kritis siswa, dan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan.Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan sasaran penelitian adalah lima belas siswa kelas X SMAN 1 Driyorejo dengan kemampuan yang heterogen. Adapun langkah-langkah yang dilakukan selama penelitian adalah 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) hasil produk (draf I), 4) telaah, 5) revisi produk (draf II), 6) validasi, 7) uji coba produk, 8) laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan sangat layak digunakan dengan perolehan persentase pada masing-masing kriteria isi, penyajian, dan bahasa berturut-turut sebesar 93,75%, 94,32%, dan 93,75%. Hasil tes keterampilan berpikir kritis siswa menunjukkan bahwa sebanyak 10 siswa memiliki keterampilan berpikir kritis sangat baik dan 5 siswa memiliki keterampilan berpikir kritis baik. Adapun respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan untuk masing-masing kriteria isi, penyajian, dan bahasa berturut-turut adalah sebesar 86,67%, 95,56%, dan 83,33%.

Kata kunci: LKS, keterampilan berpikir kritis, ikatan kimia

The purpose of this study was to determine the feasibility of worksheet oriented student’s critical thinking skills worksheet, student’s critical thinking skills of students, and response of student’s to that worksheet. The type of research and development with the research subject’s is fifteen 10th-class-student at SMAN 1 Driyorejo with heterogeneous capabilities. The research steps were 1) the potential and problems, 2) data collection, 3) product yield (draft I), 4) study, 5) product revision ( draft II ), 6) validation, 7) product testing, 8) reports. The results showed that the developed worksheet of student a very decent to use with percentage gains of the criteria of content, presentation, and language, respectively for 93.75%, 94.32%, and 93.75%. The results of students critical thinking skill tests showed that 10 students have a very good critical thinking skills and 5 students have good critical thinking skills. The students responses to the worksheets for each criteria of content, presentation, and language was respectively amounted to 86.67%,  95.56%, and 83.33%.

Keywords: worksheet, critical thingking skill, chemical bonding

Published
2014-06-05
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 57