PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7-E PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA UNTUK MELATIH SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 SIDOARJO (IMPLEMENTATION OF LEARNING CYCLE 7-E MODEL ON BUFFER SOLUTION MATTER TO TRAIN RESPONSIBILITY OF STUDENTS                     IN CLASS XI SCIENCE SMAN 2 SIDOARJO)

  • FINDIYANI ERNAWATI ASIH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model learning cycle 7-E, aktivitas siswa, tanggung jawab siswa, dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah one shoot case study. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPA 6 SMAN 2 Sidoarjo tahun ajaran 2013-2014. Hasil pengamatan keterlaksanaan model learning cycle 7-E pada pertemuan I, II, dan III sebesar 85,48%, 81,68%, 88,93%. Ketiganya termasuk dalam kategori sangat baik. Data pengamatan aktivitas siswa berupa waktu yang digunakan untuk melakukan aktivitas yang mendukung learning cycle 7-E pada pertemuan I, II, and III sebesar 75,6%, 79,6%, 76% dari total waktu 2x45 menit. Data pengamatan karakter tanggung jawab siswa menunjukkan peningkatan nilai karakter berdasarkan persentase jumlah siswa yang mengalami kenaikan nilai karakter sebesar 86,8% dan 13,2% siswa memiliki nilai karakter yang tetap. Data hasil belajar berupa ranah kognitif dan ranah psikomotor. Hasil belajar kognitif berupa ketuntasan belajar klasikal yang telah tercapai pada pertemuan I, II, dan III 76,3%, 78,2%, 84,3%. Hasil belajar psikomotor berupa persentase jumlah siswa yang memiliki kategori sangat baik pada pertemuan I 13,2%, pertemuan II 23,8%, dan pertemuan III  53,6%.

Kata Kunci: learning cycle 7-E, aktivitas siswa, tanggung jawab siswa, hasil belajar

The purpose of this research were to know implementation of learning cycle 7-E model, student activity, student responsibility, and learning outcomes. Methods used are one shoot ase study. This Research was done in class XI Science SMAN 2 Sidoarjo school year 2013-2014. Observation result of implementation of learning cycle 7-E at 1st, 2nd, 3rd meeting is  85,48%; 81,68%;  88,93%  and all of them include in very good category. Data of student activity shows time that use reflect learning cycle 7-E of 1st, 2nd, and 3rd meeting is   75,6%; 79,6%; 76% of total period 2x45 minutes. Data of student responsibility is 86,8% students got increasing of responsibility while 13,2%  students got stable. Learning outcomes divide of cognitive and psikomotorics. Cognitive outcomes as classically, for 76,3%; 78,2%; 84,3% students declared complete in 1st, 2nd,3rd meeting. Psikomotorics outcomes as percentage of students have very good category in 1st, 2nd,3rd meeting is 13,2%; 23,8%; dan 53,6%.

Keywords: learning cycle 7-E, students activity, students responsibility, learning outcomes

Published
2014-06-05
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 37