PENERAPAN STRATEGI KONSTRUKTIVIS UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI LEVEL SUB-MIKROSKOPIK SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO (IMPLEMENTATION OF CONSTRUCTIVIST STRATEGY TO REDUCE STUDENT’S MISCONCEPTION OF SUB-MICROSCOPIC LEVEL ON CHEMICAL EQUILIBRIUM OF XI GRADE IN SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO)

  • ALVI DWI PURI RAHAYU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pergeseran miskonsepsi level sub-mikroskopik siswa pada materi kesetimbangan kimia sebelum dan sesudah pembelajaran dengan strategi konstruktivis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan “One Group Pretest-Posttest Design”. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-2 Hang Tuah 2 Sidoarjo pada semester 2 tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes capaian pemahaman siswa. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi siswa secara umum dapat berkurang dengan persentase rata-rata sebesar 53,75% pada tes pemahaman konsepsi awal (pretest) menjadi 11,46% pada tes pemahaman konsepsi akhir (posttest). Persentase miskonsepsi level sub-mikroskopik siswa juga berkurang dengan persentase rata-rata sebesar 59,50% pada pretest menjadi 11,50% pada posttest. Hal ini menunjukkan bahwa strategi konstruktivis dapat digunakan untuk mereduksi miskonsepsi level sub-mikroskopik siswa pada materi kesetimbangan kimia. 

Kata kunci: Miskonsepsi, level sub-mikroskopik, strategi konstruktivis.

The aims of this study are to determine the shifting of student's misconceptions of sub-microscopic level on chemical equilibrium before and after learning by constructivist strategy. The type of this study was preexperiment research and design research was "One Group Pretest-Posttest Design". The subjects were students of class XI Science-2 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo as many as 40 students in the 2nd semester 2013/2014 school year. The instrument which was in this study is achievement tests student's understanding. The results analysis of study showed that student’s misconceptions may generally reduced at average percentage of 53.75% at tests understanding of the initial conception (pretest) become 11.46% at tests understanding of the end conceptions (posttest). The percentage of student’s misconception of sub-microscopics level showed the average percentage 59.50% in pretest become 11.50% in posttest. This suggests that constructivist strategy can be used reduce the student’s misconception of  sub-microscopic level on chemical equilibrium.

Key words: Misconception, sub-microscopic level, constructivist strategy.

 

 

Published
2014-06-05
Abstract Views: 460
PDF Downloads: 546