PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI POKOK ASAM-BASA DI KELAS XI SMAN 1 BOJONEGORO (APPLICATION OF INQUIRY LEARNING MODEL TO TRAIN CRITICAL THINKING SKILLS ON ACID-BASED MATERIALS SUBJECT IN CLASS XI SMAN 1 BOJONEGORO)
DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v3n3.p%25pAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri pada materi asam basa. Sasaran penelitian adalah siswa kelas XI IPA-1 sebanyak 30 siswa. Penelitian berlangsung selama tiga kali pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes keterampilan berpikir kritis dan lembar tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Nilai keterampilan berpikir kritis siswa pada indikator interpretasi selama tiga kali pertemuan berturut-turut adalah 86,6; 78,3 ; 97,5 sedangkan pada indikator analisis adalah 93,8; 85,8; 97,5 dan pada indikator inferensi adalah 81,7; 78,3; 79,2 dengan kriteria tinggi, (2) Ketuntasan hasil belajar siswa pada model pembelajaran inkuiri untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa yang diterapkan pada materi asam basa selama tiga kali pertemuan berturut-turut adalah 91,33; 98; 96,67.
Kata Kunci: Inkuiri, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Asam Basa
This study aims to determine the critical thinking skills and student achievements after the inquiry learning model applied on acid-base material. Targets were students of class XI IPA-1 by 30 students. The study lasted for three meetings. The research instrument used is the critical thinking skills test sheet and student achievement test sheet. The results showed that: (1) The value of students' critical thinking skills in interpretation of indicators for three consecutive sessions was 86,6; 78,3; 97,5 while the indicator analysis is 93.8; 85.8; 97.5 and the inference indicator is 81,7; 78,3; 79,2 with a high criterion, (2) completeness student learning outcomes in inquiry learning model to train students' critical thinking skills as applied to acid-base material for three consecutive sessions was 91,33; 98; 96,67.
Keywords: Inquiry, Critical Thinking Skills, Students Achievement, Acid Bases.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

