MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA PEMBELAJARAN KONSEP ASAM BASA KELAS XI SMA NEGERI PLOSO JOMBANG (IMPROVING SCIENCE PROCESS SKILL WITH GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL IN MATTER OF ACID BASE FOR XI GRADE OF SMAN PLOSO JOMBANG)

Authors

  • TIARA PUSPA BUANARINDA

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v3n3.p%25p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA Negeri Ploso Jombang setelah diterapkan model pembelajaran Guided Inquiry pada materi pokok Asam Basa. Keberhasilan pembelajaran ini dinilai dari keterlaksanaan sintaks model pembelajaran Guided Inquiry, keterampilan proses sains, dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas XI SMAN Ploso Jombang. Sasaran penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri Ploso Jombang Tahun Ajaran 2013-2014. Rancangan penelitian mengacu pada One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan datanya meliputi metode observasi dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama 88,7% (sangat baik) dan pertemuan ke dua 96,2% (sangat baik). Hasil pretest dan posttest kemampuan proses sains menunjukkan peningkatan yang signifikan, nilai rata-rata pretest dan posttest secara berturut-turut adalah 82,75 dan 92,675. Nilai N-Gain kelas XI IPA 4 termasuk kategori sedang dengan nilai 0,475. Teknik analisis yang digunakan statistik nonparametrik melalui Uji Wilcoxon menggunakan SPSS 18. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis 0,000<0,05 sehingga terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Guided Inquiry. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada pertemuan pertama sebesar 85% dan pertemuan kedua sebesar 96%, sehingga penerapan model pembelajaran Guided Inquiry ini dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis wilcoxon 0,013<0,05 sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah ditenerapkan model pembelajaran Guided Inquiry. 

Kata Kunci : Guided Inquiry, keterampilan proses sains, asam basa

This study aims to describe increased the ability of science process skill of XI grade students of SMA Negeri Ploso Jombang after implementation Guided Inquiry learning model on acid base matter. The success of implementation is evaluated from the management of gudied inquiry learning model, science process skill, and outcomes of XI grade students in SMAN Ploso Jombang. The subject of study is student of XI IPA 4 Class SMA Negeri Ploso Jombang. The research design used in one group pretest posttest design. Instrument used is observation sheet and test item. The result showed the average percentage from the management of guided inquiry learning model for first meeting is 88,7% (Excellent) and second meeting is 96,2% (Excellent). Science process skill’s pretest and posttest show significant increased, pretest 82,75 and posttest 92,675. N-Gain result is 0,475 (Medium). Hypothesis test is performed with nonparametric statistic with Wilcoxon using SPSS 18.  Base  on  the  hypothesis significance  test  criteria 0,000<0,05 so that  there  are  different  the  student’s science process skill after using Guided Inquiry learning. Classically mastery learning for meeting 1 is 87% and meeting 2 is 96%, so guided inquiry learning model can make outcome increased. Base  on  the  hypothesis significance  test  criteria 0,013<0,05 so that  there  are  different  the  student’s outcome after using Guided Inquiry learning.

Keywords : Guided Inquiry, science process skill, acid base


Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-09-26
Abstract views: 110 , PDF Downloads: 113