Authors

  • DODI SETYADI

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v3n3.p%25p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas keterlaksanaan pembelajaran, karakter percaya diri siswa, dan ketuntasan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah “One Shot Case Study”. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI IA-1 dan XI IA-3 SMA Negeri 2 Ngawi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kualitas keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi karakter percaya diri siswa, serta lembar tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualitas keterlaksanaan pembelajaran kelas XI IA-1 pada pertemuan 1 sampai dengan 2 sebesar 3,67 dan 3,5 atau mendapatkan kategori sangat baik dan pada kelas XI IA-3 pada pertemuan 1 sampai dengan 2 sebesar 3,41 dan 3,3 atau mendapatkan kategori sangat baik.(2) karakter percaya diri siswa pada kelas XI IA-1 pada pertemuan 1 sampai dengan 2 sebesar 79,93% dan 89,60% atau mendapat kategori sangat baik dan pada kelas XI IA-3 pada pertemuan 1 sampai dengan 2 sebesar 83,98% dan 89,21%. (3) ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 2 sebesar 74,19% dan 90,32%, kelas XI IA-3 pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 2 sebesar 94,11% dan 94,11%.

Kata kunci: Reciprocal Teaching, karakter percaya diri, hidrolisis garam, hasil belajar    

This study aims to determine the feasibility of learning quality , character self-confidence of students , and  student achievments. This type of research is a pre - experimental study with a research design that is used is " One Shot Case Study" . The target of this research is the student of class XI IA - 1 and XI IA – 3 2 Ngawi senior high school. The research instrument used is the quality of the feasibility study observation sheet , observation sheets character confidence of students , and student achievment test sheet . The results of this study indicate that ( 1 ) the quality of the learning enforceability of class XI IA - 1 meetings 1 to 2 of 3.67 and 3.5 or get a very good category and the class XI IA - 3 at the meeting 1 to 2 of 3 , 41 and 3.3 or get a very good category . ( 2 ) self-confidence character of students in class XI IA - 1 meetings 1 to 2 of 79.93 % and 89.60 % , or got very good category and the class XI IA - 3 at a meeting from 1 to 2 was 83.98 % and 89.21 % . ( 3 ) mastery learning outcomes of students in the classical meeting 1 to 2 meeting at 74.19 % and 90.32 % , IA - 3 class XI meeting 1 to 2 meeting at 94.11 % and 94.11 %..

Key words: Reciprocal Teaching,self- confidence character, Hydrolysis, Students achievments

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-09-29
Abstract views: 27 , PDF Downloads: 24