PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (Scientific Approach) PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT KELAS X MIA 5 SMAN 3 SURABAYA (IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY MODEL WITH SCIENTIFIC APPROACH ON ELECTROLYTE AND NON ELECTROLYTE SOLUTION IN CLASS X MIA 5 SMAN 3 SURABAYA)

Authors

  • YENNY AYU SWARA INDAH

DOI:

https://doi.org/10.26740/ujced.v3n3.p%25p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jenis penelitian yang digunakan adalah praeksperimen dengan desain penelitian one-shot case study. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIA 5 SMA Negeri 3 Surabaya. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan kualitas keterlaksanaan sintaks model pembelajaran inkuiri terbimbing, lembar aktivitas siswa, lembar tes hasil pbelajar, dan lembar angket respon siswa. Data dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit pada pertemuan I dan II terlaksana sangat baik dengan persentase 82,8% dan 88,1%. Aktivitas siswa yang paling dominan pada pertemuan I dan II adalah aktivitas mengumpulkan informasi dengan persentase 13,3% dan 18%. Ketuntasan secara klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I dan II adalah sebesar 85,3% dan 94,1%. Siswa memberikan respon yang baik terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dengan persentase skor sebesar 88,8%.

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, pendekatan saintifik, larutan elektrolit dan non elektrolit

The aim of this research are to know the implementation of guided inquiry learning model with scientific approach, the student’s activity, student’s comprehension of electrolyte and non electrolyte solution, and student responses. The type of this research is pre experiment with one –shot case study design. The research is carried out in class X MIA 5 SMA Negeri 3 Surabaya. The instrument used are the observation sheet of guided inquiry learning model implementation with scientific approach, observation sheet of student’s activity, sheet of test study result of the students, and students respond questioner. Data are analyzed by quantitative descriptive method. The results showed that implementation guided inquiry learning model with scientific approach in sub material electrolyte and non electrolyte solution at the meeting I and II accomplished very well, with the percentage 82,8% and 88,1%. The most student’s activities in meeting I and II is experiments with the percentage 13,3% and 18%. The classical learning of test study result is 85,3% and 94,1%. Student’s give a good  responses the implementation of guided inquiry learning with scientific approach in sub material electrolyte and non electrolyte solution with the percentage 88,8%. 

Keywords: guided inquiry, scientific approach, electrolyte and non electrolyte solution


Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-09-29
Abstract views: 201 , PDF Downloads: 398