STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA  DALAM PENERAPAN MODEL  PBL (PROBLEM BASED LEARING) DENGAN MENGGUNAKAN DAN TANPA MENGGUNAKAN METODE PW-PR  (PROBLEM-BASED WRITING WITH  PEER REVIEW) DI KELAS X SMK NEGERI MOJOAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

  • KHALIMATUL ASMALIYAH

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar  siswa dalam penerapan  model  PBL (problem based learning) dengan menggunakan dan tanpa menggunakan metode PW-PR  (problem-based writing with peer review)  di kelas X SMK Negeri Mojoagung tahun pelajaran 2014/2015.  Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental dengan posttest only kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini  adalah kelas X Akuntansi SMK Negeri Mojoagung yang berjumlah 192 siswa yang terbagi kedalam lima kelas. Dari lima kelas tersebut, hanya 2 kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian. Kelas X AK 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AK 5 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model Pembelajaran berdasarkan masalah dengan menggunakan metode PW-PR dan pada kelas kontrol diterapkan model pembelajaran berdasarkan masalah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data telah memenuhi persyaratan analisis yaitu normalitas dan homogenitas data. Dari hasil penelitian diperoleh,  hasil belajar rata-rata siswa pada kelas eksperimen adalah 87,623 sedangkan pada siswa kelas kontrol adalah 82,237. Kemudian dilakukan uji t dan diperoleh thitung = 2,928  dan daftar ttabel = 1,993. Oleh karena itu, thitung > ttabel yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan (meyakinkan) antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model  PBL dengan metode PW-PR  dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model PBL.

Kata kunci: Model pembelajaran berdasarkan masalah, metode  PW-PR, Hasil belajar

Published
2015-08-18
How to Cite
ASMALIYAH, K. (2015). STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA  DALAM PENERAPAN MODEL  PBL (PROBLEM BASED LEARING) DENGAN MENGGUNAKAN DAN TANPA MENGGUNAKAN METODE PW-PR  (PROBLEM-BASED WRITING WITH  PEER REVIEW) DI KELAS X SMK NEGERI MOJOAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/12864
Section
Article
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 53