STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARING) DENGAN MENGGUNAKAN DAN TANPA MENGGUNAKAN METODE PW-PR (PROBLEM-BASED WRITING WITH PEER REVIEW) DI KELAS X SMK NEGERI MOJOAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam penerapan model PBL (problem based learning) dengan menggunakan dan tanpa menggunakan metode PW-PR (problem-based writing with peer review) di kelas X SMK Negeri Mojoagung tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental dengan posttest only kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X Akuntansi SMK Negeri Mojoagung yang berjumlah 192 siswa yang terbagi kedalam lima kelas. Dari lima kelas tersebut, hanya 2 kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian. Kelas X AK 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AK 5 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model Pembelajaran berdasarkan masalah dengan menggunakan metode PW-PR dan pada kelas kontrol diterapkan model pembelajaran berdasarkan masalah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data telah memenuhi persyaratan analisis yaitu normalitas dan homogenitas data. Dari hasil penelitian diperoleh, hasil belajar rata-rata siswa pada kelas eksperimen adalah 87,623 sedangkan pada siswa kelas kontrol adalah 82,237. Kemudian dilakukan uji t dan diperoleh thitung = 2,928 dan daftar ttabel = 1,993. Oleh karena itu, thitung > ttabel yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan (meyakinkan) antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model PBL dengan metode PW-PR dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model PBL.
Kata kunci: Model pembelajaran berdasarkan masalah, metode PW-PR, Hasil belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 53