PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERUPA MODUL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI METODE PENILAIAN PERSEDIAAN PADA SISTEM PERPETUAL UNTUK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO

  • DEVI ANANTA SARY

Abstract

Bahan ajar pada materi metode penilaian persediaan pada sistem perpetual di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo kurang beragam dan guru juga menjadi pemeran utama dalam proses pembelajaran. Sedangkan pada kurikulum 2013 siswa dituntut untuk aktif membangun pengetahuan mereka sendiri, baik secara personal maupun sosial.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan bahan ajar berupa modul berbasis Scientific Approach pada materi metode penilaian persediaan pada sistem perpetual untuk siswa kelas XI SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Penelitian ini dibatasi pada tiga tahap yaitu 1) tahap pendefinisian (define), 2) tahap perancangan (design), dan 3) tahap pengembangan (develop).Kelayakan bahan ajar modul ditinjau dari 4 aspek yaitu kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi ahli materi mendapat persentase penilaian kelayakan isi sebesar 89,41% dengan kriteria “Sangat Layak”, sedangkan kelayakan penyajian sebesar 89% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil  validasi ahli bahasa untuk kelayakan kebahasaan mendapat persentase penilaian sebesar 90% dengan kriteria “Sangat Layak” dan pada kelayakan kegrafikan mendapat persentase penilaian sebesar 77,87% dengan kriteria “Layak” untuk validasi ahli grafis. Hasil analisis respon siswa dapat diketahui bahwa bahan ajar modul yang dikembangkan mempunyai aspek ketertarikan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan, memperoleh respon positif dengan persentase sebesar 94,33% dengan kriteria “Sangat Baik”.

Kata Kunci: Modul, Metode Penilaian Persediaan Pada Sistem Perpetual, Scientific Approach

 

Published
2015-08-18
How to Cite
ANANTA SARY, D. (2015). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERUPA MODUL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI METODE PENILAIAN PERSEDIAAN PADA SISTEM PERPETUAL UNTUK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/12867
Section
Article
Abstract Views: 267
PDF Downloads: 271