PENGARUH MOTIVASI, INTENSITAS BELAJAR, DAN PENGGUNAAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 SURABAYA

  • ZIYADATUR RIFAH

Abstract

Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang telah terjadi melalui proses pembelajaran. Perubahan tingkah laku tersebut berupa kemampuan-kemampuan siswa setelah aktifitas belajar yang menjadi hasil perolehan belajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor eksternal maupun internal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi, intensitas belajar, dan penggunaan modul secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar mata pelajaran pengantar akuntansi dan keuangan pada siswa kelas X akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya.Metode penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini 107 siswa, jumlah sampel 85 siswa. Penentuan jumlah sampel ditentukan berdasarkan tabel penentuan yang dikembangkan Isaac dan Michael. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian dari uji F menunjukkan Fhitung sebesar 75.333 dan didukung signifikansi 0.000 yang menunjukkan bahwa motivasi (X1), intensitas belajar (X2), dan penggunaan modul (X3) berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya. Hasil uji t menunjukkan (1) Motivasi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya sebesar 2.075, (2) Intensitas belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya sebesar 2.949, dan (3) Penggunaan modul (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya sebesar 14.057. Nilai Adjusted R Square sebesar 0.726 berarti bahwa 72.6% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh motivasi, intensitas belajar, dan penggunaan modul.

 

Kata kunci: Motivasi, Intensitas, Modul, Hasil Belajar

Published
2015-08-27
How to Cite
RIFAH, Z. (2015). PENGARUH MOTIVASI, INTENSITAS BELAJAR, DAN PENGGUNAAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/13174
Section
Article
Abstract Views: 223
PDF Downloads: 320