PENGARUH MOTIVASI, INTENSITAS BELAJAR, DAN PENGGUNAAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 SURABAYA
Abstract
Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang telah terjadi melalui proses pembelajaran. Perubahan tingkah laku tersebut berupa kemampuan-kemampuan siswa setelah aktifitas belajar yang menjadi hasil perolehan belajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor eksternal maupun internal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi, intensitas belajar, dan penggunaan modul secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar mata pelajaran pengantar akuntansi dan keuangan pada siswa kelas X akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya.Metode penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini 107 siswa, jumlah sampel 85 siswa. Penentuan jumlah sampel ditentukan berdasarkan tabel penentuan yang dikembangkan Isaac dan Michael. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian dari uji F menunjukkan Fhitung sebesar 75.333 dan didukung signifikansi 0.000 yang menunjukkan bahwa motivasi (X1), intensitas belajar (X2), dan penggunaan modul (X3) berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya. Hasil uji t menunjukkan (1) Motivasi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya sebesar 2.075, (2) Intensitas belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya sebesar 2.949, dan (3) Penggunaan modul (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya sebesar 14.057. Nilai Adjusted R Square sebesar 0.726 berarti bahwa 72.6% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh motivasi, intensitas belajar, dan penggunaan modul.
Kata kunci: Motivasi, Intensitas, Modul, Hasil Belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 320