STUDI KOMPARASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DENGAN DAN TANPA MENGGUNAKAN PETA PIKIRAN DI KELAS X AKUNTANSI SMKN 4 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan dan tanpa menggunakan peta pikiran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan rancangan penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya yang berjumlah 3 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling melalui uji normalitas dengan X Akuntansi 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X akuntansi 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik dekriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t.
Hasil penelitian,ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa antara kelompok siswa yang diajarakan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan dan tanpa peta pikiran. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis statistik data hasil belajar siswa (rata-rata selisih nilai pretest-posttest) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan uji-t dimana thit > ttab (2,022 > 2,000). Sedangkan perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa ditunjukkan dengan hasil analisis diskriptif menggunakan N-gain, rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,63 yang berada pada kategori tinggi dan rata - rata N-gain pada kelas kontrol sebesar 0,47 yang berada pada kategori sedang.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, peta pikiran, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 44