PENGEMBANGAN KARTU PINTAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI POKOK PENGARUH TRANSAKSI KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN AKUN – AKUN DI SMK NEGERI 1 NGAWI

  • IMAM HASAN

Abstract

Media pembelajaran merupakan komponen pembelajaran yang berguna untuk mempertinggi proses interaksi guru dengan siswa, oleh sebab itu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu menyampaikan materi pembelajaran. Dalam kurikulum 2013 keberadaan media membatu siswa dalam memahami materi terutama pada tahap mengamati dengan pendekatan scientific. Materi pengaruh transaksi keuangan terhadap perubahan akun-akun merupakan materi yang dianggap sulit oleh siswa X di SMK Negeri 1 Ngawi, Mengatasi kesulitan belajar siswa, perlu dilakukan inovasi dalam pembelajaran. Cara yang dapat dilakukan dengan penggunaan media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, media yang dikembangkan adalah kartu pintar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kartu pintar sebagai media pembelajaran, untuk mengetahui hasil kelayakan media pembelajaran kartu pintar dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran kartu pintar. Pengembangan kartu pintar menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel atau model 4-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namum pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan). Hasil kelayakan media menyebutkan ahli materi dengan prosentase 89,23% menunjukan kriteria sangat layak, dari ahli media dengan prosentase 80% menunjukan kriteri layak dan hasil respon siswa dengan prosentase 97,27% menunjukan kategori sangat baik, sehingga disimpulkan media kartu pintar layak digunakan sebagai media pembelajaran.

 

Kata kunci :        Media Pembelajaran, Kartu Pintar, model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel

Published
2015-08-27
How to Cite
HASAN, I. (2015). PENGEMBANGAN KARTU PINTAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI POKOK PENGARUH TRANSAKSI KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN AKUN – AKUN DI SMK NEGERI 1 NGAWI. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/13182
Section
Article
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 632