PENGEMBANGAN KARTU PINTAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI POKOK PENGARUH TRANSAKSI KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN AKUN – AKUN DI SMK NEGERI 1 NGAWI
Abstract
Media pembelajaran merupakan komponen pembelajaran yang berguna untuk mempertinggi proses interaksi guru dengan siswa, oleh sebab itu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu menyampaikan materi pembelajaran. Dalam kurikulum 2013 keberadaan media membatu siswa dalam memahami materi terutama pada tahap mengamati dengan pendekatan scientific. Materi pengaruh transaksi keuangan terhadap perubahan akun-akun merupakan materi yang dianggap sulit oleh siswa X di SMK Negeri 1 Ngawi, Mengatasi kesulitan belajar siswa, perlu dilakukan inovasi dalam pembelajaran. Cara yang dapat dilakukan dengan penggunaan media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, media yang dikembangkan adalah kartu pintar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kartu pintar sebagai media pembelajaran, untuk mengetahui hasil kelayakan media pembelajaran kartu pintar dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran kartu pintar. Pengembangan kartu pintar menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel atau model 4-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namum pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan). Hasil kelayakan media menyebutkan ahli materi dengan prosentase 89,23% menunjukan kriteria sangat layak, dari ahli media dengan prosentase 80% menunjukan kriteri layak dan hasil respon siswa dengan prosentase 97,27% menunjukan kategori sangat baik, sehingga disimpulkan media kartu pintar layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci : Media Pembelajaran, Kartu Pintar, model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 632